AQUA Ganti Truk Dengan Kereta

AQUA Ganti Truk Dengan Kereta
AQUA Ganti Truk Dengan Kereta
JAKARTA - PT Tirta investama (Danone Aqua) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sepakat mengembangkan pengangkutan peti kemas dengan kereta api dengan rute Cicurug Sukabumi ke Jakarta. Proyek tersebut ditargetkan bisa mengangkut 4000 ton Aqua perhari yang diharapkan terealisasi tahun 2013.

"Kita dengan KAI sepakat untuk bisa mengangkut 4000 ton perhari, itu setara dengan 100 kontainer. Salah satu yang perlu dibenahi adalah rel R33 yang ada saat ini harus diganti menjadi R54," ujar Customer Service and Logistic PT Tirta Investama, Mochamad Bimo kemarin. Menurut dia, yang perlu difikirkan juga adalah padatnya jalur penumpang kereta dari Bogor ke Jakarta. 

        

Menurut Bimo yang paling menggembirakan dalam proyek ini adalah penggunaan truk bisa dikurangi. "Setiap hari dari pabrik kita ada 200-2500 truk yang angkut Aqua berisis penuh, kalau dihitung sama baliknya (galon kosong) itu berarti 400-500 truk perhari. Itu gas buangnya sangat tinggi. Truk-truk itu juga sering terkendala macet, oleh karena itu kita ingin proyek ini segera terwujud," ungkapnya.

       

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Soesantono mengaku sangat mendukung kerjasama yang dilakukan antara Aqua dengan PT Kereta Api Indonesia dalam pengangkutan hasil produksi dari Cicurug (Jawa Barat) ke Jakarta. Secara biaya itu lebih ekonomis. "Kalau kita lihat konsumsi bahan bakarnya dengan kereta api itu 0,1liter/kontainer/kilometer,t api kalau pakai  truk 0,5 liter/kontainer/kilometer," ujarnya.

      

JAKARTA - PT Tirta investama (Danone Aqua) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sepakat mengembangkan pengangkutan peti kemas dengan kereta api dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News