Aqua Tegaskan Komitmen Terus Menggunakan Kemasan Galon Guna Ulang

Aqua Tegaskan Komitmen Terus Menggunakan Kemasan Galon Guna Ulang
Ilustrasi. Galon Guna Ulang Aqua. Foto: Dok Aqua

jpnn.com, JAKARTA - Aqua menegaskan komitmennya untuk terus menggunakan kemasan galon guna ulang sebagai bagian dari upaya untuk tidak menambah sampah kemasan plastik, melalui penggunaan berulang kemasan galon.

Hal itu disampaikan Brand Director Aqua Intan Kartika dalam rangka memperingati momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2021, yang jatuh pada Minggu (21/2).

“Aqua sebagai pelopor industri air mineral kemasan secara konsisten mengutamakan kualitas produk dan juga aspek lingkungan. Kami ingin selalu melindungi keluarga Indonesia melalui hidrasi sehat dan juga melindungi alam dengan semua kemasan yang ramah lingkungan, termasuk galon,” kata Intan Kartika.

Dilansir dari data terbaru National Plastic Action Partnership yang dirilis April 2020, volume sampah plastik di tahun 2020 mencapai 6,8 juta ton dan tumbuh sebesar 5 persen setiap tahunnya.

Untuk menekan penambahan sampah kemasan plastik, Aqua menerapkan konsep tertinggi dalam 3R yaitu reuse (menggunakan kemasan plastik secara berulang) sehingga kemasan galon guna ulang telah digunakan, dicintai, dan menjadi budaya konsumen selama puluhan tahun.

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar menjelaskan persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya.

“Persoalan sampah merupakan persoalan serius dan multidimensi, pelibatan seluruh komponen masyarakat, termasuk industri, dalam pengelolaannya sangat dibutuhkan,” ujar Novrizal dikutip dari siaran pers KLHK.

Sementara Sustainable Development Director, Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan
Aqua merupakan merek air kemasan pertama yang berkomitmen untuk menerapkan konsep ekonomi sirkular sebagai solusi atas masalah sampah kemasan plastik di Indonesia.

Aqua menegaskan komitmennya untuk terus menggunakan kemasan galon guna ulang sebagai bagian dari upaya untuk tidak menambah sampah kemasan plastik, melalui penggunaan berulang kemasan galon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News