Arab Saudi Bersuara Membela Aplikasi yang Dituduh Dapat Awasi Perempuan

Arab Saudi Bersuara Membela Aplikasi yang Dituduh Dapat Awasi Perempuan
Arab Saudi Bersuara Membela Aplikasi yang Dituduh Dapat Awasi Perempuan

Arab Saudi telah membela sebuah aplikasi seluler yang dituduhkan sejumlah pihak dapat dipakai para pria untuk melacak keberadaan istri dan kerabat perempuannya.

Sejumlah warga Arab Saudi, kebanyakan laki-laki, telah memberikan lima bintang kepada aplikasi Absher lengkap dengan ulasannya di Google Play.

"Bagi mereka yang tidak tahu sama sekali soal aplikasi ini, kamu tak tahu apa-apa. Aplikasi ini mewakili pelayanan pemerintahan yang sangat canggih," kata pengguna yang bernama Jafar Alfahad.

Jafar menambahkan jika aplikasi tersebut telah menolong untuk perpanjangan paspor, surat mengemudi, dan lainnya dengan satu klik.

"Jangan menjadi bodoh dengan apa yang dikatakan media, kecuali jika kamu sendiri benar-benar memakainya."

Ada pula perempuan, meski jumlahnya yang lebih sedikit yang juga ikut bersuara.

Arab Saudi Bersuara Membela Aplikasi yang Dituduh Dapat Awasi Perempuan Photo: Aplikasi Absher telah diulas oleh hampir 70 ribu orang; kebanyakan laki-laki yang membela pentingnya aplikasi tersebut. (Google Play)

ABC Indonesia tidak dapat memverifikasi apakah pengguna yang memberikan suara di Google dan Apple benar-benar mengunggah dan menggunakan aplikasinya, atau hanya sekedar memberikan ulasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News