Arab Saudi Kaya Raya, Ini Hubungan Religius

Arab Saudi Kaya Raya, Ini Hubungan Religius
Raja Salman. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Dosen ilmu komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi sejak dulu sudah berjalan sangat bagus.

Menurut Emrus, relatif tidak ada gejolak yang pernah terjadi antara Arab dan Indonesia karena hubungan yang dibina lebih bersifat religius.

Sehingga hubungan itu tidak hanya sekadar mementingkan politik, ekonomi, sosial dan budaya.

"Hubungannya transendental, jauh dari sekadar kepentingan politik, ekonomi, dan sosial," kata Emrus kepada jpnn.com, Minggu (26/2), dimintai tanggapan soal rencana kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulziz al-Saud ke Indonesia.

Karenanya dia yakin ke depan hubungan itu akan semakin sangat baik.

Terlebih lagi, dua negara ini berpenduduk mayoritas bergama islam. Sehingga kedua negara akan terus saling menjaga hubungan.

"Kebetulan hubungan religius melampaui sekadar politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Sangat transendental hubungan kedua negara ini," katanya.

Soal manfaat ekonomi dalam kunjungan Raja Salman, Emrus berpandangan bahwa tentu kedua negara akan saling menguntungkan.

Dosen ilmu komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi sejak dulu sudah berjalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News