Arab Saudi Rayakan Idulfitri Hari Ini, Sudah Ada Hilal 1 Syawal

Arab Saudi Rayakan Idulfitri Hari Ini, Sudah Ada Hilal 1 Syawal
Warga Arab Saudi tengah memantau hilal pertanda datangnya 1 Syawal. Foto: SPA

jpnn.com, RIYADH - Umat Islam di Kerajaan Arab Saudi bakal merayakan Idulfitri pada Jumat ini (21/4).

Mahkamah tertinggi di negeri pimpinan Raja Salman bin Abzulaziz al-Saud itu memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari ini.

Menurut kantor berita SPA, Lembaga Hisab dan Rukyat Mahkamah Agung (MA) Arab Saudi telah menyurati kepala eksekutif raja.

Surat bertarikh Kamis, 20 April 2023 itu menyatakan bahwa Jumat, 21 April 2023, merupakan hari pertama Idulfitri.

Oleh karena itu, pengadilan tertinggi di Negeri Petrodolar tersebut pun menyampaikan ucapan selamat Idulfitri kepada Raja Salman, Pangeran Mohammed bin Salman, dan seluruh warga maupun penduduk yang merayakannya.

“Semoga Allah menerima ibadah puasa umat Islam, tarawih, semua amal baik, serta menjaga keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Kerajaan,” ujar surat itu.

Sebelumnya MA Arab Saudi meminta muslim di seluruh penjuru negeri kaya minyak itu memantau hilal menjelang petang pada hari ke-29 Ramadan 1444 H.

Siapa pun yang melihat hilal dengan teropong ataupun mata telanjang diminta segera melaporkan kesaksian mereka ke pengadilan terdekat dan diambil sumpah.

Tim yang melakukan rukyatulhilal di Observatorium Tumair, Arab Saudi, telah melihat hilal pertanda datangnya 1 Syawal 1444 Hijriah. Ramadan pun hanya 29 Hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News