Arahan Presiden: Seluruh Honorer K2 Tua Ikut Tes PPPK

Arahan Presiden: Seluruh Honorer K2 Tua Ikut Tes PPPK
MenPAN RB Syafruddin menjelaskan mengenai masalah honorer K2. Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menyatakan, seluruh honorer K2 (kategori dua) usia di atas 35 tahun dialihkan untuk mengikuti tes pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Tidak hanya K2, pegawai non PNS lainnya juga dipersilakan ikut tes PPPK.

Menteri Syafrudin juga memastikan, tes PPPK dilaksanakan tahun depan. Saat ini pemerintah fokus pada penerimaan CPNS. Apalagi Peraturan Pemerintah (PP) tentang PPPK belum diteken presiden.

"Sesuai arahan presiden, honorer K2 dan non kategori dipersilakan ikut tes PPPK. Pelaksanaannya usai tes CPNS umum agar yang 13.347 honorer K2 yang ikut tes dan tidak lulus bisa melamar PPPK juga," ungkap Syafruddin di Kantor Staf Presiden, Jumat (21/9).

Khusus honorer K2, lanjutnya, presiden memberikan solusi lainnya bila tidak lulus CPNS maupun PPPK, akan tetap dipekerjakan dengan gaji setara upah minimum regional (UMR). Namun, presiden menekankan, tidak boleh ada lagi rekrutmen tenaga honorer lagi.

"Jadi ini terakhir pemerintah menyelesaikan tenaga honorer. Setelah itu tidak ada lagi. Bagaimana bisa indeks kualitas SDM Indonesia meningkat kalau merekrut orang-orang yang kompetensinya kurang. Menkeu tadi laporkan grade indeks pembangunan manusia kita di level dunia menurun," tegasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menambahkan, untuk diangkat menjadi PPPK harus melewati proses layaknya rekutmen CPNS. Hanya yang lulus bisa jadi PPPK.

BACA JUGA: Ketum ADKASI: Aksi Honorer K2 Mulai Berani, Cari Solusi!

"Tidak ada pengangkatan otomatis, semuanya harus lewat tes. Karena gaji yang diterima setara PNS," tandasnya. (esy/jpnn)

Menpan RB Syafruddin mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi maka seluruh honorer tua ikut tes CPNS 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News