Arbitrase Indonesia vs Newmont Tertutup

Arbitrase Indonesia vs Newmont Tertutup
Arbitrase Indonesia vs Newmont Tertutup
JAKARTA—Sidang perdana arbitrase antara Pemerintah RI Vs PT. Newmont Nusatenggara (PT. NNT) di Hotel JW Marriott Jakarta, Rabu (10/12) berlangsung tertutup dan dijaga dengan superketat dari petugas hotel setempat. Saking tertutupnya, tak seorang pun diizinkan untuk masuk ke ruang Permata VIII, salah satu ruangan di lantai lima hotel setempat yang digunakan sebagai ruang sidang. Terkecuali bagi pihak-pihak yang memang telah mendapatkan undangan untuk menghadiri sidang tersebut. Bahkan, wartawan JPNN yang coba menerobos naik ke lantai lima, langsung dicegat petugas hotel dan diminta untuk menunggu di lobi yang berada di lantai dasar hotel tersebut.

''Memang di sini (di lantai lima, Red) ada sidang arbitrase Newmont, tapi bersifat sangat rahasia. Sesuai permintaan dari pihak penyelenggara, kami diminta untuk tak memberikan ada pihak luar termasuk wartawan yang mengikuti sidang arbitrase ini. Jadi, kami minta mas lebih baik tunggu aja di lobi,'' kata petugas hotel tersebut sembari mempersilakan JPNN untuk segera turun lewat lift.

Sidang arbitrase dibuka tepat pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan beberapa orang saksi, baik dari unsur Pemerintah Pusat (Pempus), Pemprop NTB serta Pemkab Sumbawa. Data yang berhasil dihimpun JPNN di Hotel JW Marriott, dari unsur Pempus hadir beberapa staf pada Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional (BKPMN). Sedangkan dari unsur Pemprop NTB, hadir mantan Gubernur NTB HL Serinata, dari unsur Pemkab Sumbawa hadir Ketua DPRD Sumbawa Muhammad Amin SH dan Kepala Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Sumbawa Drs Zainal Arifin.

Saksi dari unsur Pemprop NTB dalam hal ini mantan Gubernur NTB HL Serinata tiba di ruang sidang di lantai lima sekitar pukul 08.55 WIB. Sementara Ketua DPRD Sumbawa Muhammad Amin SH dan Kepala Perusda Kabupaten Sumbawa Zainal Arifin tiba di lobi hotel sekitar pukul 13.15 WIB.

JAKARTA—Sidang perdana arbitrase antara Pemerintah RI Vs PT. Newmont Nusatenggara (PT. NNT) di Hotel JW Marriott Jakarta, Rabu (10/12) berlangsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News