Armada Tempur AS Gunakan Onderdil Palsu dari China

Armada Tempur AS Gunakan Onderdil Palsu dari China
Armada Tempur AS Gunakan Onderdil Palsu dari China
WASHINGTON - Lebih dari 1 juta komponen dan onderdil elektronik palsu buatan China ditemukan di beberapa pesawat militer milik Amerika Serikat. Fakta ini disampaikan Senat AS dalam laporan yang diumumkan kepada publik Senin (21/5) waktu setempat.

Komite Angkatan Bersenjata Senat dalam laporan mereka mengatakan, penyelidikan selama 1 tahun yang dilakukan Ketua Komite, Carl Levin dari Partai Demokrat dan tokoh senior Partai Republik John McCain, menunjukkan adanya penggunaan 1800 onderdil dan suku cadang palsu dalam berbagai armada militer AS.

Sebagaimana dilaporkan AFP Selasa (22/5), di antara armada yang dimaksud adalah pesawat kargo terbesar milik Angkatan Udara AS,  beberapa helikopter yang digunakan untuk operasi militer khusus, serta beberapa pesawat pengintai milik Angkatan Laut.

Barang-barang palsu yang dimaksud dalam laporan Senat di antaranya adalah beberapa komponen yang digunakan dalam sistem Penyaring Gangguan Elektromagnetik pada helikopter SH-60B milik AL dan chip memori pada sistem tampilan kendali pesawat kargo C-17 Globemaster III dan C-130J.  Selain itu, komponen palsu juga ditemukan di modul deteksi es pada pesawat  P-8A Poseidon milik AL yang dilengkapi sistem persenjataan anti kapal selam.

WASHINGTON - Lebih dari 1 juta komponen dan onderdil elektronik palsu buatan China ditemukan di beberapa pesawat militer milik Amerika Serikat. Fakta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News