Kamis, 16 Agustus 2018 – 03:53 WIB

ARPU Telkomsel Masih jadi yang Terbaik

Kamis, 09 Agustus 2018 – 15:53 WIB
ARPU Telkomsel Masih jadi yang Terbaik - JPNN.COM

Telkomsel. Foto: Telkomsel

jpnn.com, JAKARTA - PT Telkom Tbk melalui anak usahanya Telkomsel paling gencar membangun jaringan telekomunikasi khususnya broadband. Data ini dapat dilihat dari jumlah BTS on air mereka yang meningkat 19.9 persen dari sebelumnya 147 juta menjadi 176 juta.

Emiten lain yang rajin membangun BTS adalah XL Axiata Tbk. Ini dibuktikan dengan meningkatkan jumlah pembangunan BTS mereka dari 94 juta menjadi 112 juta.

Menurut Andri Ngaserin, analis saham dari Bahana Sekuritas, pembangunan jaringan telekomunikasi harus dilakukan oleh operator telekomunikasi jika mereka ingin mempertahankan kinerja keuangannya dan jumlah pelanggannya. Terlebih lagi jika emiten telekomunikasi ingin meningkatkan jumlah pelanggan data.

Fitch Ratings juga mencatat kebutuhan akan broadband di Indonesia sangatlah tinggi. Dengan tingginya kebutuhan broadband membuat operator telekomunikasi getol menggelontorkan CAPEX.

Operator yang saat ini gencar menggeluarkan CAPEX adalah Telkomsel dan XL. Fitch mencatat rata-rata CAPEX yang dikeluarkan operator untuk penggembangan jaringan sebesar 20% dari pendapatan mereka.

Menurut Andri, wajar saja operator mengeluarkan banyak banyak dana untuk melakukan investasi untuk menggembangkan layanan data dan digital. Ini disebabkan broadband akan menjadi tulang punggung pendapat emiten telekomunikasi ke depan.

“Nantinya investor hanya akan melirik emiten telekomunikasi yang memiliki komposisi pendapatan data terbesar. Laba bersih Telkom yang mengalami penurunan dikarenakan Telkom dan Telkomsel melakukan investasi yang sangat besar di broadband,” terang Andri.

Hingga saat ini emiten yang dinilai Andri memiliki komposisi pendapatan data lebih besar dari legacy adalah XL. Sedangkan Telkomsel dinilai Andri masih mengarah untuk menuju ke layanan data.

SHARES
TAGS   Telkomsel Indosat Xl
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar