Arsiparis KLHK Raih Penghargaan Tingkat Teladan Nasional

Arsiparis KLHK Raih Penghargaan Tingkat Teladan Nasional
Pemberian penghargaan dari ANRI untuk sejumlah kementerian termasuk KLHK. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri) melalui Direktorat Sumber Daya Manusia dan Sertifikasi Kearsipan menggelar Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 15-18 Agustus 2019.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 28 orang arsiparis tingkat keahlian dan 21 orang arsiparis tingkat terampil perwakilan dari seluruh kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintah daerah seluruh Indonesia yang bertempat di Kantor ANRI dan Hotel Aston Priority Simatupang Jakarta, Senin (19/8).

BACA JUGA: Gubernur Papua Barat Sebut Korlap Aksi Demo di Manokwari sudah Diajak Bicara

Acara pemilihan Arsiparis Teladan Nasional bertujuan untuk membangun sumber daya manusiai (SDM) kearsipan yang profesional, unggul dan berkompeten. Kegiatan ini digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju.

Dalam Pemilihan Arsiparis Teladan Tahun 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengirimkan dua peserta yaitu Eko Wahyudi, SAP dari Kategori Arsiparis Keahlian dan Alfu Mahar Syahrofi, A,Md dari Arsiparis Kategori Ketrampilan.

Dua arsiparis tersebut merupakan juara Arsparis Teladan Tingkat KLHK dari hasil seleksi bidang administrasi, tes tertulis, wawancara, dan presentasi yang sudah dilaksanakan KLHK sebelum diselenggarakannya Pemilihan Arsiparis Teladan Tahun 2019 di ANRI.

Pemilihan Arsiparis Teladan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh ANRI meliputi beberapa tahapan. Pada babak penyisihan telah dilakukan penilaian aspek portofolio, kognitif, dan prilaku kerja, meliputi penilaian portofolio, ujian tertulis, penilaian laporan pelaksanaan pekerjaan kearsipan bagi Arsiparis Kategori Keterampilan dan penilain makalah bagi Arsiparis Kategori Keahlian, penilaian video, presentasi, dan wawancara serta Focus Group Discussion (FGD).

Melalui sidang pleno dewan juri, telah ditetapkan sepuluh arsiparis terbaik sesuai perolehan nilai tertinggi dan selanjutnya ditetapkan enam finalis dari masing masing kategori.

Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri) melalui Direktorat Sumber Daya Manusia dan Sertifikasi Kearsipan menggelar Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 15-18 Agustus 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News