Arsitek RS Virus Corona di Tiongkok Itu Kelahiran Jember

Arsitek RS Virus Corona di Tiongkok Itu Kelahiran Jember
Mantan guru Chung Hua School Jember Iwan Natawijdaja (81) menunjukkan profil Huang Xiqiu yang ditulis dalam koran berbahasa mandarin terbitan 5 Februari 2020 di Kabupaten Jember. Foto: ANTARA/Zumrotun Solichah

jpnn.com, JEMBER - Pemerintah Tiongkok membuat dunia takjub lantaran berhasil membangun dua rumah sakit khusus untuk menangani wabah virus corona dalam hitungan hari, yakni RS Huoshenshan dan RS Leishenshan.

Pembangunan RS Huoshenshan yang merupakan rumah sakit darurat berkapasitas total 1.000 tempat tidur itu berlangsung kilat yakni hanya sepuluh hari dan beroperasi pada 3 Februari 2020 demi menghadapi wabah virus corona yang telah menyebabkan belasan ribu orang jatuh sakit dan ratusan warga meninggal di Wuhan dan Provinsi Hubei, sejak Desember 2019.

Rumah sakit yang dibangun mulai 24 Januari 2020 ini berada di atas lahan seluas 269.000 meter persegi dan RS Huoshenshan mengaplikasikan langkah yang sama seperti RS untuk wabah SARS, yang ada di Beijing dengan bangunan prefabrikasi atau konstruksi modular.

Desainnya rumah sakit itu dibuat oleh Wuhan CITIC Design Institute and Constructed yang merupakan bagian dari perusahaan konstruksi China Construction Third Engineeing Bureau Co.Ltd.

Nah, di balik kesukseskan pembangunan rumah sakit khusus virus corona yang selesai dalam waktu singkat dan langsung beroperasi itu, ada tangan dingin seorang arsitek asal Kabupaten Jember yang mendesainnya yakni Huang Xiqiu yang sempat mengenyam pendidikan SD dan SMP di Chung Hua School (Sekolah Tionghoa) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Beberapa pemberitaan media dan beberapa grup media sosial menyebut nama arsitek RS Huoshenshan tersebut Huang Xi Mou, tetapi setelah Antara melakukan penelusuran kepada keponakannya yang masih di Kabupaten Jember menyampaikan nama yang benar adalah Huang Xiqiu (dibaca Huang Xi Jiu).

Pemilik Apotek Johar yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan suaminya masih keponakan Huang Xiqiu, tetapi ia mengaku tidak begitu kenal dekat dengan arstitek RS Huoshenshan karena yang lebih dekat adalah keluarga suaminya.

Ia mengatakan keluarga besarnya juga mengikuti terus kiprah Huang Xiqiu yang diberitakan oleh sejumlah media di Tiongkok, bahkan tiga tahun lalu arsitek ternama Tiongkok itu pernah singgah ke rumah keluarga besarnya di Kabupaten Jember.

Meski sudah menjadi arsitek medis ternama di Tiongkok, Huang Xiqiu tidak lupa akan kota kelahirannya, Jember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News