Senin, 10 Desember 2018 – 18:01 WIB

Artidjo Alkostar tak Mempan Godaan, Santet Salah Alamat

Minggu, 27 Mei 2018 – 00:56 WIB
Artidjo Alkostar tak Mempan Godaan, Santet Salah Alamat - JPNN.COM

jpnn.com - Artidjo Alkostar yang resmi pensiun sebagai hakim agung di MA, cerita sudah kerap menerima ancaman, termasuk lewat ilmu hitam alias santet.

SAHRUL YUNIZAR, Jakarta
IMAM S. ARIZAL, Sumenep

Menurut pria yang pernah menempuh pendidikan di Amerika Serikat (AS) tersebut, latar belakang sebagai anak dari ayah dan ibu asal Madura membuatya tidak pernah takut. ”Darah Madura saya tidak memungkinkan untuk menjadi takut sama orang,” kata dia santai.

Karena itu, dengan tegas Artidjo menyampaikan bahwa setiap ancaman yang diarahkan kepada dirinya adalah perbuatan salah alamat. Termasuk ancaman lewat guna-guna ilmu hitam. Santet. ”Jadi, kalau orang akan menyantet saya, itu salah alamat juga,” tegasnya.

Sebab, hal semacam itu tidak akan memengaruhi cara kerja dirinya. Baik ketika masih aktif sebagai advokat maupun saat bertugas menjadi hakim agung. Bahkan, sejumlah godaan yang datang kepada dia juga tidak mempan. Jangankan berbentuk materi seperti cek kosong, penghargaan pun ditolak Artidjo.

Dia mengakui, almamaternya, Universitas Islam Indonesia, pernah ditolaknya saat berniat memberikan penghargaan. Begitu pula salah satu universitas di Jakarta. ”Saya tolak juga,” tandasnya.

Menurut Artidjo, hakim harus bebas dari harapan yang berpotensi memengaruhi independensi. ”Jadi, kalau hakim itu bermimpi saja mendapat hadiah ndak boleh,” ucapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar