Arus Balik Diprediksi Bakal Meningkat Lagi Akhir Pekan ini

Arus Balik Diprediksi Bakal Meningkat Lagi Akhir Pekan ini
Gerbang Tol Cikarang Utama saat musim mudik Lebaran 2018. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jadwal cuti bersama yang dicanangkan oleh pemerintah sudah berakhir kemarin, namun diperkirakan peningkatan arus balik pemudik masih akan terjadi pada Sabtu dan Minggu pekan ini.

Hal ini karena waktu libur anak sekolah yang masih berlangsung setidaknya hingga pekan depan

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, pemerintah kembali menyiapkan langkah antisipasi berupa contraflow di jalan tol apabila terjadi peningkatan kepadatan jalan.
“Kami lakukan dulu contraflow satu lajur. Kalau sudah tidak memadai, baru kami lakukan contraflow satu arah (oneway),” ujar Bambang.

Bambang menambahkan prioritas jalan saat ini memang diberikan untuk para pemudik yang balik.

“Pada waktu mudik kami prioritaskan orang yang mudik. Waktunya kembali, kami prioritaskan orang yang kembali. Kenapa? Orang yang kembali harus on time sampai di kantor. Kalau mereka terlambat, produktivitas pun terlambat. Ekonomi bisa terganggu,” terang Bambang.

Beban jalan, jelas Bambang, diupayakan untuk tetap seimbang dan dibagi baik di jalan tol maupun jalan arteri.

“Semua pasti kena dampaknya. Kami tidak bisa mendesain jalan sebesar mungkin. Ini kan hanya case Lebaran saja, jadi harus dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas," tandas dia.(chi/jpnn)


Pemerintah kembali menyiapkan langkah antisipasi berupa contraflow di jalan tol apabila terjadi peningkatan kepadatan jalan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News