Puncak Arus Balik, PT KAI Tambah Gerbong

Puncak Arus Balik, PT KAI Tambah Gerbong
Calon penumpang kereta api di stasiun. Ilustrasi Foto: Radar Madiun/dok.JPNN.com

jpnn.com, SUMSEL - Gelombang arus balik Lebaran Idulfitri terus terjadi. Kereta api (KA) dan pesawat, dua moda transportasi ini menjadi primadona para pemudik. Dua hari jelang PNS masuk kerja, penumpangnya makin banyak.

Pantauan Selasa (19/6), para pemudik yang hendak kembali usai libur Lebaran memadati stasiun KA. Dari data kumulatif H-10 hingga H+2, jumlah penumpang yang berangkat dari Palembang mencapai 47.613 orang. Sedangkan yang datang 32.419 orang.

Untuk yang berangkat dari Stasiun Kertapati, Senin (18/6) malam, mencapai 3.953 penumpang dan yang datang 2.692 penumpang. “Penumpang terbanyak dari kelas ekonomi, sekitar 60 persennya,” kata Manajer Humasda PT Kereta Api Indonesia (persero) Divre III Palembang, Aida Suryanti.

Menurutnya, lonjakan pemudik pada arus balik ini sudah terjadi sejak Minggu (17/6) lalu. Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya telah menambah gerbong. Baik untuk KA Ekonomi, Bisnis, maupun Eksekutif. “Bila masih kurang, akan ditambah lagi. Semua disiapkan sesuai manifest penumpang,” imbuhnya.

Peningkatan penumpang juga terjadi di Bandara SMB II Palembang. Dari daftar rekapitulasi H+3 Lebaran, jumlah yang berangkat untuk penerbangan domestik mencapai 8.459 orang. Sedang kedatangan 7.468 orang.

Sementara pada penerbangan internasional, yang berangkat 253 penumpang dan kedatangan 245 penumpang. “Total pada H+3 Lebaran, ada 15.923 penumpang domestik dan 480 penumpang untuk penerbangan internasional,” ungkap Mita, staf informasi Bandara SMB II.

Sebelumnya, pada H +1 Lebaran jumlah penumpang yang tercatat di keberangkatan domestik 8.154 orang dan kedatangan domestik 7.386 orang. Untuk keberangkatan internasional sebanyak 497 penumpang dan kedatangan internasional 395 penumpang.

Sedang H+2 (kemarin, red), jumlah penumpang di keberangkatan domestik 6.533 penumpang dan kedatangan domestik 7.199 penumpang. Sedikit turun dari H+1. Tapi, untuk keberangkatan internasional tercatat 529 penumpang dan kedatangan internasional 436 penumpang.

Gelombang arus balik Lebaran Idulfitri terus terjadi. Kereta api (KA) dan pesawat, dua moda transportasi ini menjadi primadona para pemudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News