Arus Balik Lebih Rawan Kecelakaan

Arus Balik Lebih Rawan Kecelakaan
Arus Balik Lebih Rawan Kecelakaan

jpnn.com - JAKARTA – Berbeda dengan arus mudik yang lebih longgar karena awal cuti bersama yang lebih panjang, situasi lalu-lintas pada arus balik diperkirakan akan lebih padat. Ini disebabkan akhir cuti bersama mepet waktunya dengan lebaran. Karena itu, pemudik diharap lebih berhati-hati ketika kembali ke Jakarta.

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo mengatakan, puncak arus balik diperkirakan akan mencapai puncak pada Sabtu (10/8) atau H+2 dan Minggu (H+3). Ini disebabkan seluruh kantor pemerintah dan swasta sudah mulai masuk kerja pada Senin (12/8).

Selain itu, banyak instansi dan partai politik yang menyediakan program mudik gratis, namun sedikit instansi dan partai politik yang menyediakan program untuk arus balik.

“Kita berharap yang kemarin mudik gratis bisa difasilitasi baliknya dengan moda angkutan masal yang sama. Kalau kemarin mudik dengan kapal, pesawat, dan bus, kita harapkan kembalinya juga sama,” katanya.

Perhatian utama polri adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Hingga saat ini, mayoritas kecelakaan lalu-lintas selama arus mudik didominasi pemudik bersepeda motor. Kondisi badan yang kelelahan setelah mudik, acara di kampung, dan kondisi lalu-lintas di perjalanan kembali yang lebih padat dikhawatirkan membuat angka kecelakaan pemudik bermotor lebih tinggi.

Karena masa libur sekolah masih sepekan lagi, kapolri berharap pemudik yang bukan karyawan kantoran bisa memperpanjang masa mudiknya sehingga tidak menumpuk di H+2 dan H+3. “Semoga pemudik juga bermotor beralih ke moda transportasi masal, seperti kereta api, bus, atau kapal laut,” harap Timur.

Untuk mengantisipasi peningkatan keramaian lalu-lintas selama arus balik, polri hinga kini masih menyiagakan 2/3 kekuatannya untuk mengamankan jalur-jalur arus balik, utamanya di pantura Jawa dan jalan lintas timur Sumatera. Di jalur pantura Jawa, polri menyiagakan 10 ribu personilnya.

“Semua anggota (Polri) sudah diperintahkan tidak meninggalkan posnya masing-masing. Pengawasan di Simpang Jomin di Cikampek yang menjadi ruas terpadat pada arus mudik kemarin juga sudah kita tingkatkan,” terang Kapolri.

JAKARTA – Berbeda dengan arus mudik yang lebih longgar karena awal cuti bersama yang lebih panjang, situasi lalu-lintas pada arus balik diperkirakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News