JPNN.com

AS Kembali Umbar Sanksi, Uni Eropa Siap Bantu Kuba

Selasa, 10 September 2019 – 14:55 WIB AS Kembali Umbar Sanksi, Uni Eropa Siap Bantu Kuba - JPNN.com

jpnn.com, HAVANA - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini menyampaikan dukungan organisainya kepada pemerintah Kuba, Senin (9/9). Menurut dia, UE berkomitmen membantu Kuba mengembangkan ekonomi mereka.

"UE adalah mitra komersial dan investor teratas Kuba, dan kami telah melipatgandakan kerja sama dalam dua tahun terakhir," kata Mogherini dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez di Havana.

Seperti Amerika Serikat, Uni Eropa juga mulai memperbaiki hubungan dengan Kuba lima tahun yang lalu. Namun, sejak Donald Trump bertakhta di Gedung Putih, AS kembali menerapkan kebijakan konfrontatif di Kuba.

Bantuan UE disambut baik Kuba yang tengah dalam ekonomi sulit menyusul pengetatan sanksi dari AS dan makin minimnya bantuan Venezuela. Pekan lalu, AS mengeluarkan peraturan baru yang membatasi pengiriman uang oleh warga mereka ke Kuba.

Para pejabat Uni Eropa dan Kuba sudah mengadakan pembicaraan bilateral tentang topik-topik seperti pembangunan berkelanjutan dan hak asasi manusia. "Kami juga melanjutkan dialog tentang situasi di kawasan dan kerja sama, khususnya Venezuela," kata Mogherini. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...