JPNN.com

DPD Dorong Penguatan Kerja Sama RI-Kuba

Kamis, 15 Juni 2017 – 18:33 WIB DPD Dorong Penguatan Kerja Sama RI-Kuba - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Kuba untuk Indonesia Nirsia Castro Guevara di ruang kerjanya, kompleks parlamen, Senayan, Senayan, Jakarta, Kamis (15/6).

Sejumlah hal dibicarakan kedua pejabat ini. Termasuk kerja sama di berbagai bidang kehidupan. Oesman mendorong penguatan dan perluasan kerja sama bilateral Indonesia-Kuba di berbagai bidang.

“Kerja sama erat antarkedua negara telah terjalin lama," kata Oso didampingi Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI Haripinto Tanuwidjaja dan Sekjen DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto itu.

Oso mendukung peningkatan hubungan ekonomi terutama perdagangan karena dampak embargo Amerika Serikat. Apalagi, sejak 22 Januari 1960 Indonesia dan Kuba membuka hubungan bilateral.

Pembukaan hubungan dimulai saat Presiden Soekarno melakukan lawatan bersejarah ke Havana. Lawatan tersebut membuka pintu gerbang hubungan kedua negara. Khusus di bidang olahraga, Oso meminta Kuba bisa terus membantu Indonesia dalam mengembangkan metode pelatihan kepada atlet-atlet tinju dan voli. Bantuan pelatihan diperlukan karena Kuba dikenal melahirkan banyak atlet berkualitas di cabang olahraga tersebut.

Selain itu, Oso menyinggung pencalonan Indonesia sebagai anggota lembaga-lembaga dunia di bawah PBB dan forum-forum internasional seperti anggota Organisasi Maritim Internasional di London, dan anggota Mahkamah Maritim Internasional di Den Haag.

Nirsia menyatakan selama 57 tahun hubungan bilateral Indonesia - Kuba, banyak peluang memperkuat dan memperluas hubungan diplomatik kedua negara.

Kedua negara telah banyak melakukan upaya dalam membangun dan menjaga hubungan tersebut. “Saya berharap kita melakukan lebih banyak upaya,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...