AS Tertarik Rayakan Thanksgiving di Banyuwangi

AS Tertarik Rayakan Thanksgiving di Banyuwangi
Konsul Jendral AS di Surabaya Joaquin F. Monserrate asyik berbincang dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bakal menjadi tempat perayaan Thanksgiving Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia. Acara yang akan dihelat pada 20 November 2014 tersebut bakal dihadiri langsung oleh Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake.

Hal ini disampaikan Konsul Jendral AS di Surabaya Joaquin F. Monserrate saat mengunjungi kantor Pemkab Banyuwangi, Senin (25/8). Joaquin bertemu dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sekaligus untuk detail rencana menggelar Thanksgiving di Banyuwangi.

Joaquin menyatakan, berbagai inovasi di Banyuwangi membuat pihaknya tertarik menggelar Thanksgiving di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut.

“Setiap ke Banyuwangi pasti ada perkembangan dan hal-hal baru.  Itu mencerminkan kalau daerah ini penuh inovasi. Maka kami pun berencana menggelar Thanksgiving di sini,” kata Joaquin yang sebelumnya pernah berkunjung ke Banyuwangi pada November 2013 lalu.

Bagi Joaquin, Banyuwangi sudah tidak asing. Selama ini kerja sama di sejumlah bidang telah dijalin. Contohnya di bidang pendidikan, di mana Amerika Serikat telah menempatkan lima orang pengajar yang disebar di sejumlah sekolah di Banyuwangi, seperti di Kecamatan Glenmore, Cluring, dan Srono.

“Saya merasa pas dengan Banyuwangi. Perayaan Independence Day (Hari Kemerdekaan AS) di Surabaya beberapa waktu, Bupati Banyuwangi saat kami undang, juga datang," kata Joaquin.

Bupati Anas menambahkan, kedatangan Konsul Jenderal AS tersebut untuk membahas masalah teknis perayaan Thanksgiving yang akan digelar di Banyuwangi.

“Akan digelar 20 November mendatang. Ini kesempatan bagi Banyuwangi untuk mempromosikan diri. Karena yang datang diperkirakan banyak orang hebat, ada duta besar hingga alumnus-alumnus pendidikan AS. Itu bakal jadi saluran bagi Banyuwangi untuk promo wisata. Ujung-ujungnya jelas, yaitu menggerakkan ekonomi lokal demi peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat," tegas Anas.

BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bakal menjadi tempat perayaan Thanksgiving Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News