ASDP Angkut 3,7 Juta Kendaraan Logistik Hingga September 2023

ASDP Angkut 3,7 Juta Kendaraan Logistik Hingga September 2023
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) membuka layanan penyeberangan perintis untuk mendukung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Foto: dok ASDP

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan sektor logistik menjadi pilar utama yang menopang bisnis penyeberangan ketika masa pandemi hingga saat ini.

Ira menyoroti kelancaran sektor logistik kala pandemi menjadi lebih krusial, sehingga ASDP tetap melayani kendaraan logistik secara penuh dalam menjaga rantai pasokan logistik di daerah agar tetap stabil selama pandemi.

“ASDP mengapresiasi langkah pemerintah yang sejak awal pandemi telah mendukung sektor logistik melalui jasa penyeberangan dengan tidak melakukan pembatasan bagi angkutan barang agar kelancaran arus logistik terjamin sehingga stabilitas bahan pokok di seluruh daerah dapat tercapai,” tutur Ira.

Ira menuturkan jumlah penumpang dan kendaraan penumpang yang menggunakan kapal ferry mengalami penyusutan cukup signifikan saat pandemi Covid-19 pada 2020.

“ASDP bahkan sempat menutup total seluruh layanan bagi penumpang imbas diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah pada waktu itu untuk mengurangi mobilitas masyarakat secara signifikan demi menekan laju penularan virus Covid-19,” kenang Ira.

Sampai saat ini, sektor logistik tercatat menjadi tumpuan kelangsungan bisnis ASDP terlihat dari tren peningkatan angkutan logistik yang menyeberang setiap tahunnya.

Pada 2023, sejak Januari hingga September 2023, ASDP mencatat telah melayani 3,72 juta unit kendaraan logistik dari kendaraan golongan IVB, VB, VIB, VII, VIII dan IX. Angka tersebut meningkat 3.22% sebanyak 119.963 kendaraan dari tahun sebelumnya yang mencapai 3,6 juta unit kendaraan.

??Data ASDP menunjukkan peningkatan terbesar volume kendaraan yang menyeberang berasal dari golongan VII sebesar 14% atau mencapai 218.696 ribu unit dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Adapun kendaraan golongan VII adalah jenis kendaraan barang dengan rentang panjang lebih dari 10 meter hingga 12 meter.

ASDP berkomitmen menghadirkan pelayanan unggul dalam sektor logistik yang menunjang operasional perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News