Fintech Lending, jadi Harapan Baru Bagi Para UMKM

Fintech Lending, jadi Harapan Baru Bagi Para UMKM
Ilustrasi Fintech. Foto: Google

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menggelar kunjungan ke sejumlah penerima manfaat fintech peer to peer lending, atau layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi, di wilayah Jakarta, pada Rabu (18/10).

Ketua Umum AFPI Entjik S. Djafar menuturkan kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen AFPI dan seluruh anggotanya dalam mendukung pertumbuhan sektor produktif.

Salah satu tujuannya adalah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Ini jadi salah satu bukti bahwa fintech peer to peer lending banyak mengarah ke pengusaha muda, terutama UMKM. Kami terus berupaya membantu pengusaha yang ingin berkembang melalui bantuan modal dan inventory financing,” ujar Entjik di sela kunjungannya tersebut.

Entjik mengatakan, kontribusi UMKM bagi perekonomian nasional sangatlah besar.

Untuk memaksimalkan peran tersebut, pihaknya terus berupaya melakukan peningkatan inklusi keuangan kepada pelaku UMKM melalui akses pendanaan yang inklusif dari fintech.

”Fintech lending adalah salah satu kunci untuk menjawab tantangan pendanaan yang selama ini terkadang jadi penghambat UMKM untuk berkontribusi lebih terhadap perekonomian nasional,” kata Entjik.

Hingga Agustus 2023, fintech pendanaan bersama telah menyalurkan dana sebesar Rp 677,51 triliun.

Kehadiran fintech lending dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM dalam negeri. Salah satunya adalah UMKM yang bergerak di bidang fashion retail.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News