ASDP Sediakan Kapal Gratis untuk Bantuan Logistik Gempa Palu

ASDP Sediakan Kapal Gratis untuk Bantuan Logistik Gempa Palu
ASDP. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, SULTENG - PT ASDP Indonesia Ferry mengerahkan tiga unit kapal, yakni KMP Julung-Julung dari Pelabuhan Toli-Toli menuju Pelabuhan Taipa, Sulawesi Tengah, KMP Drajat Paciran dan Kapal Kargo KM Melinda 01 dari Pelabuhan Tanjung Perak langsung ke Pelabuhan Taipa-Sulawesi Tengah.

Program bantuan ini sejalan dengan arahan Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat serta Kementerian BUMN, agar operator transportasi laut bergerak cepat dalam mendukung mobilisasi pengangkutan bantuan bencana terhadap korban gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

Ketiga kapal ini akan melayani pengangkutan secara gratis bagi masyarakat, lembaga, BUMN, maupun komunitas yang ingin mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Semoga dengan dukungan penyediaan kapal ASDP, kami bisa menjadi alternatif transportasi bantuan logistik bencana alam ini dan dapat membantu proses penanganan pascagempa sehingga kondisi masyarakat dapat segera pulih,” tutur Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini, Senin (1/10).

Adapun ketiga kapal yang dikerahkan ASDP adalah KMP Julung-Julung berukuran 600 GRT, jenis kapal roro dengan kapasitas penumpang sekitar 185 orang dan 7 unit kendaraan kecil. Lalu, KMP Drajat Paciran berukuran 2.900 GRT yang merupakan kapal jenis roro yang dapat mengangkut 350 orang penumpang dan 40 unit kendaraan campuran. Sedangkan KM Melinda 01 merupakan jenis kapal general cargo memiliki kapasitas muatan logistik hingga 1.000 ton.

“KMP Julung-Julung yang membawa barang-barang kebutuhan pokok dan tangki air berangkat Senin (1/10) pukul 12.00 WITA dari pelabuhan Toli-Toli dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 22 jam, sehingga perkiraan waktu sampai di Taipa pada Selasa (2/10) pukul 22.00 WITA. Sesampai di pelabuhan, kami telah berkoordinasi dengan stakeholder termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat agar pendistribusian barang-barang bantuan dapat segera dilakukan dengan cepat dan tepat,” tutur Imelda.

Dalam hal ini, ASDP berperan sebagai penyedia angkutan gratis bagi masyarakat, lembaga, BUMN, maupun komunitas yang akan mengirimkan bantuan bencana bagi saudara-saudara yang terdampak di Sulawesi Tengah.

Rencananya, KM Melinda 01 bisa menerima bantuan logistik yang telah siap angkut pada Rabu, 3 Oktober 2018 dan akan diberangkatkan pada Kamis, 4 Oktober 2018. Sementara untuk KMP Drajat Paciran dijadwalkan akan berangkat pada Jumat, 5 Oktober 2018. Dengan perkiraan jarak Surabaya – Palu sekitar 625 Nautical Miles (NM), maka diperkirakan waktu tempuh dari Surabaya-Palu mencapai sekitar 55 jam.

ASDP berperan sebagai penyedia angkutan gratis bagi masyarakat, lembaga, BUMN, maupun komunitas yang akan mengirimkan bantuan bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News