ASEAN dan Tiongkok Memberantas Kemiskinan di Era COVID-19

ASEAN dan Tiongkok Memberantas Kemiskinan di Era COVID-19
ILUSTRASI. Bendera ASEAN. Foto: Wikipedia.org

jpnn.com, BEIJING - Tidak seperti biasanya para pakar dan profesional media dari berbagai negara serumpun di kawasan Asia Tenggara dan Tiongkok berkumpul untuk membahas pemberantasan kemiskinan di tengah pandemi.

Undangan yang diterima ANTARA pada 14 Agustus 2020 juga tidak seperti biasanya dengan pokok pembahasan lebih mengarah pada penguatan kerja sama media di negara-negara anggota ASEAN dan Tiongkok.

Demikian halnya dengan surat undangan yang disampaikan melalui WeChat itu terdapat dua jadwal yang juga tidak seperti biasanya.

Dalam surat undangan berstempel tulisan Mandarin dalam lingkaran merah "Zhong Guo Ri Bao Wangzhan" atau portal berita Tiongkok Daily tercantum jadwal rekaman melalui aplikasi Zoom pada tanggal 18 September 2020 dan jadwal penyiaran di media tersebut pada tanggal 28 September 2020.

Disertakan pula pesan dari si pengundang agar ANTARA perwakilan Beijing menyampaikan materi dalam acara tersebut.

Beberapa acara sejenis yang biasanya juga mengundang ANTARA sebagai pembicara tidak seperti itu. Maksudnya, hanya satu jadwal hari-H. Kalau pun ada, biasanya H-1 pihak panitia menjadwalkan untuk uji coba teknis yang menyangkut kualitas sinyal internet karena faktor jarak dan waktu.

Di sinilah bedanya acara yang digelar Tiongkok Daily, media arus utama di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu.

Topiknya pun berbeda. Beberapa awak media dari ASEAN dan Tiongkok menyampaikan gagasan dan pandangannya mengenai pengentasan orang dari kemiskinan berdasarkan pengalaman di negaranya masing-masing.

para pakar dan profesional media dari berbagai negara serumpun di kawasan Asia Tenggara dan Tiongkok berkumpul untuk membahas pemberantasan kemiskinan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News