Asia Makin Kebal Krisis

Tak Terpengaruh Lesunya AS dan Eropa

Asia Makin Kebal Krisis
Asia Makin Kebal Krisis
JAKARTA - Kawasan Asia terus menunjukkan sosoknya sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia. Bahkan, kini negara-negara di kawasan Asia disebut makin kebal terhadap krisis ekonomi yang terjadi di belahan dunia lainnya.

     

Ekonom Citibank Asia Johanna Chua mengatakan, masih lemahnya recovery perekonomian di AS terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap perekonomian Asia. "Perekonomian Asia menunjukkan de-coupling dari perekonomian kawasan lain," ujarnya, kemarin.

De-coupling artinya, perekonomian kawasan Asia mulai kebal terhadap pengaruh kondisi perekonomian di kawasan lain, termasuk AS dan Eropa yang selama ini menjadi kekuatan utama perekonomian dunia. Ini juga berarti, meski recovery ekonomi di AS maupun Eropa masih lambat, perekonomian Asia diprediksi akan terus melaju.

Menurut Chua, masih lambannya recovery perekonomian AS memang berimbas pada kinerja ekspor negara-negara Asia dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun demikian, hal itu tidak akan berdampak signifikan pada kemungkinan melambatnya perekonomian Asia. "Jadi, tidak ada revisi asumsi pertumbuhan negara-negara di kawasan Asia," katanya.

JAKARTA - Kawasan Asia terus menunjukkan sosoknya sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia. Bahkan, kini negara-negara di kawasan Asia disebut makin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News