Asian Games 2018 Gelar 484 Nomor

Asian Games 2018 Gelar 484 Nomor
Asian Games 2018 di Indonesia bakal lebih informatif dengan adanya Asian Games Information Service (AGIS). Foto: kemenpora

jpnn.com - jpnn.com -Coordination committee (corcom) meeting Asian Games 2018 akhirnya menuntaskan salah satu agenda penting penyelenggaraan pesta olahraga terakbar di Asia. Senin (6/3) kemarin, cabang yang akan dipertandingkan atau diperlombakan telah diputuskan.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Fairmont tersebut, disepakati akan dipertandingkan 484 nomor. Jumlah itu menyusut dari hitungan semula yang diajukan Indonesia, 493. Wakil Presiden Kehormatan OCA Wei Jizhong menyatakan bahwa 484 adalah ambang batas yang diajukan dalam corcom meeting kemarin.

”Jadi, jumlah ini bisa menyusut. Meski begitu, OCA sudah memastikan tidak akan ada lagi penambahan nomor,” tegasnya.

Wakil Direktur Bidang Teknis dan Cabang Olahraga INASGOC (Panitia Penyelenggara Asian Games) Lukman Niode menjelaskan bahwa ada beberapa cabor yang mengalami penyusutan. Antara lain wushu yang menyusut dari sebelumnya 17 nomor menjadi sebelas nomor. Kemudian menembak (22 menjadi 18) dan roller skate (enam ke empat).

Lukman menjelaskan, nomor beberapa cabor tersebut berkurang karena beberapa hal. Antara lain untuk menyesuaikan dengan standar yang dipertandingkan di Olimpiade.

Dalam rapat koordinasi dengan Kemenpora dan perwakilan pengurus pusat (PP) cabor (3/3), Kasatlak Prima Achmad Sutjipto mengatakan bahwa Asian Games menjadi target jangka menengah.

Gol utama Merah Putih tentu adalah berprestasi di ajang Olimpiade yang bakal berlangsung di Tokyo pada 2020. ”Roller skate menyusut karena bukan termasuk cabor Olimpiade,” ucapnya.

Di samping itu, tujuan lain penyusutan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada negara lain untuk bersaing dan menghindari dominasi satu negara. Luki, sapaan akrab Lukman Niode, mencontohkan cabor menembak. Saat Asian Games di Incheon 2014, Tiongkok menjadi juara umum dengan memborong 27 di antara 44 medali emas yang disediakan.

Coordination committee (corcom) meeting Asian Games 2018 akhirnya menuntaskan salah satu agenda penting penyelenggaraan pesta olahraga terakbar di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News