Asian Games 2018 Momentum Rayakan Persatuan Asia  

Asian Games 2018 Momentum Rayakan Persatuan Asia  
Asian Games 2018. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Mantan anggota Komisi VIII DPR RI KH Maman Imanulhaq menilai Asian Games 2018 momentum berharga untuk merayakan keragaman Asia di Indonesia.

“Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia menjadi tempat yang tepat untuk menguatkan spirit of Asia yaitu sinergitas, sportivitas dan harmoni,” ujar pria yang karib disapa Kang Maman itu, Senin (20/8).

Menurut Kang Maman, spirit of Asia itu harus terus digaungkan dalam menciptakan perdamaian dan kesejahteraan negara-negara Asia.

Karena itu, dia menolak keras bila penyelenggaraan Asian Games 2018 dikait-kaitkan dengan sentimen agama, apalagi politik.

“Tidak ada sentimen agama, bahkan politik sedikit pun. Malah di Asian Games 2018 menjadi tonggak baru bersatunya dua Korea, Korea Selatan dan Korea Utara yang sepakat memakai satu bendera. Ini luar biasa karena melalui olahraga urusan politik menjadi lebih mudah,” imbuh ketua Lembaga Dakwah PBNU itu.

Kang Maman menambahkan, Asian Games 2018  adalah alat promosi yang menarik untuk berbagai sektor.

Tidak hanya ekonomi, pariwisata dan kuliner, tetapi juga kehidupan yang harmonis serta kebersamaan melawan arus kebencian, radikalisme dan terorisme.

“Sekali lagi, Asian Games 2018 adalah momentum agar Asia bersatu dalam keragaman menyuarakan nilai persaudaraan dan kemanusiaan agar bisa menyelesaikan berbagai problem konflik, sengketa, bencana alam, radikalisme, dan terorisme," kata Kang Maman. (jpnn)

Maman Imanulhaq menilai Asian Games 2018 momentum berharga untuk merayakan keragaman Asia di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News