Asian Games 2018: Perjuangan Indonesia Digagalkan 6 Penalti

Asian Games 2018: Perjuangan Indonesia Digagalkan 6 Penalti
Timnas Indonesia kandas di 16 Besar Asian Games 2018. Foto: Aamir Qureshi/AFP

jpnn.com, CIKARANG - Timnas sepak bola Indonesia gagal meraih kemenangan di babak 16 besar Asian Games 2018. Menghadapi United Arab Emirates (UAE) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (24/8) petang, Hansamu Yama dkk kalah lewat drama adu penalti.

Dalam 2 x 45 menit babak normal, ditambah 2 x 15 menit perpanjangan waktu, Indonesia vs UAE Bermain imbang 2-2. Tuan rumah akhirnya takluk di babak adu penalti dengan skor 3-4.

Dalam laga ini, Indonesia sejatinya telah berjuang keras. Mereka bahkan mampu dua kali mengejar ketertinggalan dari tim tamu yang mendapat keuntungan oleh wasit dengan hadiah penalti.

Pada babak pertama, kedua tim terlihat tampil nervous. Mereka sama-sama mencari bentuk permainan dan terlihat masih sering melakukan kesalahan dalam passing.

Bola praktis banyak berkutat di tengah lapangan. Pada menit ke-7 UAE mendapatkan peluang terlebih dulu setelah Mohammed Almesmari melepaskan shooting. Beruntung, kiper Indonesia Andritany Ardhiyasa bisa menangkapnya.

Menit ke-10, giliran Alberto Beto Goncalves mendapatkan peluang. Sebuah sepakan jarak jauh dari Evan, coba dibelokkan olehnya, tapi kiper UAE Alshamsi terlalu tangguh untuk dikecoh.

Saat berusaha terus menekan, Indonesia dikejutkan dengan sebuah serangan balik lawan. Bek Andy Setyo Nugroho yang tertipu terpaksa menjatuhkan striker UAE Zayed Alameri yang melakukan aksi individu di sektor kanan kotak penalti. Wasit memberikan hadiah tendangan penalti untuk tim Timur Tengah tersebut.

Alameri mengambil sendiri tendangan tersebut dan sukses mencatatkan namanya di papan skor. Dia melakukan eksekusi dengan tenang dan mengecoh kiper Andritany. Skor 0-1 untuk tim tamu bertahan sampai turun minum.

Timnas Indonesia gugur di 16 Besar cabang sepak bola putra Asian Games 2018, setelah kalah dari United Arab Emirates.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News