Astaga! Izin Impor Kuras Duit, izin di Pelabuhan 300 Juta

Astaga! Izin Impor Kuras Duit, izin di Pelabuhan 300 Juta
Astaga! Izin Impor Kuras Duit, izin di Pelabuhan 300 Juta

jpnn.com - JAKARTA -  Biaya  untuk izin impor di pelabuhan dianggap kelewatan.  Nilainya mencapai ratusan juta rupiah.  Pengakuan Sekjen Asosiasi Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia Toto Dirgantoro para pengusaha  terpaksa harus  menggali kocek lebih dalam agar usaha berjalan mulus. Anehnya lagi, besaran biaya yang dikeluarkan di setiap kementerian atau instansi untuk mengurus izin impor  berbeda-beda.

"Tergantung izin apa, di kementerian mana dan tergantung broker atau biro jasanya," ungkap Toto kepada JPNN.com, Jumat (7/8).

Toto lantas mencontohkan pengurusan izin SNI di Kementerian Perindustrian. Jumlahnya pun terbilang sangat fantastis, yakni mencapai Rp 300 juta.  Toto tak asal mengarang data. Ia mengaku dapatkan informasi dari importir diesel yang pernah mengurus izin tersebut.

"Ya kalau untuk SNI di Kementerian Perindustrian berkisar Rp 300 juta. Itu dari importir diesel yang menyampaikan ke saya. Itu laporan dari importir diesel yang urus SNI dan di  Kementerian Perindustrian diarahkan melalui biro jasa dan angkanya itu," tandas Toto. (chi/jpnn)


JAKARTA -  Biaya  untuk izin impor di pelabuhan dianggap kelewatan.  Nilainya mencapai ratusan juta rupiah.  Pengakuan Sekjen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News