Asteroid Segede Kapal Induk Melintasi Bumi

Asteroid Segede Kapal Induk Melintasi Bumi
Asteroid Segede Kapal Induk Melintasi Bumi
WASHINGTON - Asteroid 2005 YU55 yang ukurannya sebesar kapal induk melintasi Bumi pada Selasa sore waktu Amerika Serikat (AS) atau kemarin pagi WIB (9/11). Tepatnya pada pukul 15.28 waktu setempat atau sekitar pukul 06.38 WIB. Konon, rute lintasan kemarin merupakan yang paling dekat dengan Bumi selama 200 tahun terakhir.

   

Kendati melintas dengan jarak yang sangat dekat dengan Bumi, asteroid berdiameter sekitar 400 meter tersebut tak bisa dilihat dengan mata telanjang. "Akan sangat sulit untuk melihatnya tanpa alat bantu. Benda angkasa itu akan terlihat 100 kali lebih kecil dari objek yang bisa tertangkap indera penglihatan manusia. Kita membutuhkan teleskop yang canggih," ujar Jubir NASA Veronica McGregor.

   

Sebenarnya, asteroid 2005 YU55 cukup sering melintasi Bumi. Sebab, rute lintasan benda angkasa itu memang berada di sekitar Bumi, Mars dan Venus. Hanya saja, kali ini, asteroid 2005 YU55 melintas dengan rute yang jauh lebih dekat dengan Bumi. Kendati demikian, asteroid tersebut sama sekali tak membahayakan keselamatan umat manusia karena sama sekali tak akan menabrak Bumi.

   

"Jika dihitung dari pusat Bumi, jarak asteroid tersebut berkisar 342.600 kilometer. Ini memang jarak yang paling dekat. Tapi, tetap terlalu jauh untuk bisa ditangkap indera penglihatan kita," ungkap DC Agle, salah seorang pakar NASA pada Jet Propulsion Laboratory. Jarak tersebut, imbuh dia, sekitar 85 kali lipat lebih jauh dari jarak Bulan ke Bumi. 

   

WASHINGTON - Asteroid 2005 YU55 yang ukurannya sebesar kapal induk melintasi Bumi pada Selasa sore waktu Amerika Serikat (AS) atau kemarin pagi WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News