Astronom Temukan Black Hole Kelas Menengah

Astronom Temukan Black Hole Kelas Menengah
Astronom Temukan Black Hole Kelas Menengah
AUSTRALIA - Para astronom CSIRO Australia Telescope Array Compact menemukan obyek lubang hitam (black hole) kelas menengah untuk yang pertama kalinya di alam semesta. Temuan ini didasarkan pada terjadinya ledakan gas super panas yang berhasil diamati teleskop radio CSIRO, seperti dilaporkan dalam Science Express.HLX-1 atau hyper-luminous X-ray source 1 merupakan  lubang hitam yang terletak di galaksi ESO 243-49, sekitar 300 juta tahun cahaya dari bumi.

Sebelum penemuan lubang hitam kelas menengah ini, para astronom hanya memiliki bukti tentang adanya lubang hitam supermasif di alam semesta. Dimana obyek ini diperkirakan memiliki massa sekitar satu miliar kali massa Matahari.

"Ini adalah objek pertama yang kita benar-benar yakin adalah lubang hitam massa menengah," kata Dr Sean Farrell, astronom Postdoctoral di Universitas Sydney seperti dikutip Sciencedaily (9/7).

Sejak 2010 para peneliti telah mempelajari fenomena lubang hitam dengan menggunakan Array Compact teleskop radio CSIRO di Narrabri, New South Wales. Hingga saat ini, para astronom tidak mengetahui secara pasti bagaimana lubang hitam supermasif itu terbentuk. Namun, dilihat dari ukurannya diduga mereka berasal dari penggabungan beberapa lubang hitam.

AUSTRALIA - Para astronom CSIRO Australia Telescope Array Compact menemukan obyek lubang hitam (black hole) kelas menengah untuk yang pertama kalinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News