Astronom Temukan Rekor Ledakan Supernova

Astronom Temukan Rekor Ledakan Supernova
Astronom Temukan Rekor Ledakan Supernova
SIDNEY--Para Astronom menemukan dua supernova superterang atau lazim disebut superluminous supernova . Saking terangnya ledakan bintang tersebut mampu memecahkan rekor pergeseran merah "normal" supernova sebesar 2,36.

Supernova  yang dijuluki SN2213 dan SN1000 + 2016, ditemukan memiliki derajat merah sebesar 2.05 dan 3,90. Hal ini memecahkan rekor pergeseran merah normal sebuah supernova yang memiliki kecerlangan sebesar 2,36.

"Cahaya supernova ini berisi informasi terperinci tentang masa kanak-kanak alam semesta, pada waktu ketika beberapa bintang pertama masih berkondensasi dari hidrogen dan helium yang dibentuk oleh Big Bang," jelas Dr Jeff Cooke Swinburne dari University of Technology"s Center untuk astrofisika dan Corporation, Australia, sci-news, Senin (5/11).

Supernova superluminous pertama ditemukan  beberapa tahun lalu dan sangat jarang di alam semesta terdekat. Asal-usul objek ini tidak dipahami dengan baik, tapi subset kecil dari mereka diperkirakan terjadi ketika bintang-bintang yang sangat besar meledak.

SIDNEY--Para Astronom menemukan dua supernova superterang atau lazim disebut superluminous supernova . Saking terangnya ledakan bintang tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News