Asyik Berpose di Tengah Penggusuran, Anak Buah Ahok Panen Kecaman

Asyik Berpose di Tengah Penggusuran, Anak Buah Ahok Panen Kecaman
Anggota Satpol PP dan PNS DKI asyik berfoto dengan latar penggusuran di Rawajati, Kamis (1/9). Foto: int

jpnn.com - JAKARTA - Aksi sejumlah PNS DKI dan Satpol PP yang asyik foto-foto dengan latar penggusuran kawasan Rawajati memantik reaksi publik. Banyak yang menyayangkan. karena terkesan mereka merayakan penggusuran rumah ratusan warga tersebut.

Foto ini diambil di rel kereta dekat stasiun Duren Kalibata, persis bersebelahan dengan lokasi penggusuran yang terletak di RT 09 RW 04, Pancoran, Jakarta Selatan. Di background foto terlihat reruntuhan dan puing-puing rumah warga yang baru saja diluluh-lantahkan petugas. Foto ini kemudian beredar lewat aplikasi Whatsup.

Sebelumnya, Pemkot Jaksel menggusur bangunan yang dihuni 160 jiwa dari 60 kepala keluarga tersebut. Warga sempat sholat dhuha di jalanan untuk menghadang Satpol PP. Kericuhan tak terhindarkan saat puluhan warga menghadang petugas di mulut perkampungan. Aksi dorong tak terhindarkan. Warga yang memegang kayu dan bambu memukuli petugas. Batu-batu berterbangan. Petugas berseragam dan bertameng terlihat hanya menangkis serangan warga dan sesekali melawan mereka.

Tiga anggota Satpol PP dan dua orang warga terluka. "Ada tiga anggota kita terluka kena lemparan botol dan batu, saat ini sedang dirawat di RS terdekat. Sementara dari warga ada dua orang. Padahal kita sudah persuasif sekali," kata Ujang Harmawan, Kasatpol PP Jakarta Selatan.

Diceritakan Ujang, sebelumnya warga dan petugas hanya melakukan pembicaraan. Namun, ada provokator yang memancing kericuhan. Tapi hal tersebut bisa langsung diredam. "Dua orang diamankan polisi yang diduga sebagai provokator," sambungnya.

Menanggapi beredarnya foto ini, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Syarif mengaku miris dan geregetan. "Mungkin mereka beranggapan habis menang perang, jadi wajah-wajahnya terlihat gembira. Padahal gara-gara penggusuran itu, ratusan warga kehilangan tempat tinggalnya," ungkap Syarief sedih.

Politikus Gerindra yang terjun langsung ke lokasi penggusuran ini gagal menghadang alat berat yang meluluhlantakkan puluhan rumah warga. Bahkan saat kericuhan pecah antara warga dengan Satpol PP, Syarif mengaku terkena pukulan petugas.

Di jagad Twitter, sejumlah akun juga mengungkapkan kemarahannya melihat foto ini. "Serdadu ala Kenil suruhan Ahok menggusur warga kawasan Rawajati," cuit @qtrix sembari memposting foto tersebut.

JAKARTA - Aksi sejumlah PNS DKI dan Satpol PP yang asyik foto-foto dengan latar penggusuran kawasan Rawajati memantik reaksi publik. Banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News