JPNN.com

Asyik! Danau Toba Bebas Keramba Januari 2017

Rabu, 09 November 2016 – 17:22 WIB
Asyik! Danau Toba Bebas Keramba Januari 2017 - JPNN.com
Keramba Jaring Apung di Parapat akan dibersihkan Januari 2017. Foto: meterosiantar/jpg

SIMALUNGUN – Keramba Jaring Apung (KJA) milik masyarakat yang berada di sekitaran Parapat Danau Toba dipastikan bersih awal tahun depan.

Sesuai hasil rapat Pemkab Simalungun dengan pemerintah pusat, KJA hanya boleh beroperasi di empat lokasi saja.

"Masing-masing di Kecamatan Pematang Sidamanik, Dolok Pardamean dan Kecamatan Haranggaol Horisan,” ujar Camat Girsang Sipangan Bolon Jayamin Sipayung MSi seperti diberitakan Metro Siantar (Jawa Pos Group) hari ini.

Sementara, di sekitaran Parapat atau di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, tidak lagi diperbolehkan karena lokasi ini difokuskan menjadi tujuan wisata.

“Kemarin, Forkopimda Simalungun telah bersama-sama melakukan penertiban keramba. Sebagian keramba milik warga sudah ditertibkan, sebagian lainnya diberikan kompensasi, menunggu masa panen pada bulan Desember nanti,” jelas camat.

Apabila warga tidak memenuhi janji tersebut, camat memastikan pemerintah pusat dan Pemkab Simalungun akan bertindak tegas. 

Karena, pada Januari 2017 mendatang, Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata (BOPKA) Danau Toba akan mulai bekerja.

“Khusus KJA milik Aqua Farm, kami belum bisa memastikan. Izin mereka sampai tahun 2019. Dan izin itu dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Jadi, kebijakan diambil pemerintah pusat,” jelasnya lagi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi