Asyik! Konsumsi Masyarakat Mulai Menanjak Pada April 2021

Asyik! Konsumsi Masyarakat Mulai Menanjak Pada April 2021
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan berdasarkan data perbankan analisa konsumsi belanja masyarakat kian menggeliat pada April 2021. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan berdasarkan data perbankan analisa konsumsi belanja masyarakat kian menggeliat pada April 2021.

“Belanja nasional mengalami kenaikan di April yang cukup besar, di mana tumbuh 32,48 persen secara tahunan (yoy) untuk yang non-seasonally adjusted (tidak dipengaruhi faktor musiman),” kata Menko Airlangga usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/4).

Dia menjelaskan, untuk belanja yang digerakkan faktor musiman (seasonally adjusted) juga meningkat hingga 13,11 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada April 2021.

Selain itu menukil data Purchasing Manager Index (PMI) Airlangga membeberkan peningkatan konsumsi juga terlihat pada pembelian barang manufaktur yang mencapai 53,2 pada 2021.

Menurut dia angka PMI hanya berkisar 51 pada tahun lalu.

Penerimaan sektor industri, ujar Menko Airlangga, juga tercatat mengalami perbaikan, tumbuh 10,26 persen secara tahunan untuk yang non-seasonally adjusted dan tumbuh 1,46 persen untuk seasonally adjusted.

"Selanjutnya, untuk menjaga keseimbangan pengendalian Covid-19 dan pengungkit ekonomi, pemerintah melakukan beberapa program. Yaitu pengendalian Covid-19 melalui pembatasan kegiatan, baik kegiatan mudik, kegiatan pembatasan bepergian," kata Menko Airlangga.

Perbaikan data ekonomi juga sejalan dengan perkembangan penanganan Covid-19 yang semakin baik. Beberapa parameternya, antara lain, kasus aktif hingga data per 18 April 2021 sebesar 6,6 persen atau membaik signifikan dibandingkan Februari 2021 ketika kasus aktif mencapai 16 persen.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan berdasarkan data perbankan analisa konsumsi belanja masyarakat kian menggeliat pada April 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News