Atasi Kepadatan, Kebut Proyek Dermaga Baru Banyuwangi

Atasi Kepadatan, Kebut Proyek Dermaga Baru Banyuwangi
PENGECORAN: Dermaga tambahan masih dalam proses pembangunan di Pelabuhan ASDP Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Kamis (2/10). Foto: Taufik Ferdiansyah/Radar Banyuwangi

jpnn.com - BANYUWANGI – Pembangunan dermaga tambahan di Pelabuhan ASDP Ketapang saat ini terus dikebut. Sebab, dermaga tambahan yang berada di utara itu masih belum rampung seratus persen. Fasilitas publik tersebut dibangun untuk mengatasi dan mengurai kepadatan jadwal penyeberangan kapal di Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry (IF) Ketapang.

Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi Kamis (2/10), dermaga sepanjang 200 meter itu kini masih dalam proses pengecoran. Para pekerja terlihat sibuk merangkai besi untuk pengecoran. Pembangunan dermaga yang dimulai sejak 2013 tersebut diperkirakan mencapai 40 persen.

Arif, supervisor proyek dermaga di Pelabuhan Ketapang, membenarkan bahwa kini masih berlangsung pengecoran penambahan dermaga ke selatan. ’’Proses pengecoran itu cepat. Paling tidak, sehari bisa kering,’’ katanya. ’’Soal masalah dananya, saya kurang tahu. Yang tahu itu adalah bos saya yang sekarang masih di Surabaya,’’ lanjutnya.

Salah seorang konsultan proyek membeberkan, dermaga yang dibangun tersebut nantinya berbeda dengan dermaga yang sudah ada. Menurut dia, saat beroperasi nanti dermaga baru mampu menampung banyak kapal yang bersandar. ’’Bentuk dermaganya berbeda dengan dermaga sebelumnya. Kalau sudah beroperasi, dermaga bisa untuk sandar banyak kapal,’’ ujar konsultan yang tidak mau disebutkan namanya tersebut.

Sementara itu, Manajer Operasional ASDP Ketapang Saharuddin Koto membenarkan bahwa dermaga tersebut mulai dibangun pada 2013. Pembangunan dermaga itu diharapkan bisa mengurai kepadatan kapal di Pelabuhan Ketapang. ’’Tahun depan insya Allah dermaga tersebut sudah beroperasi. Pembangunan dermaga menggunakan dana APBN,’’ jelasnya. (tfs/bay/JPNN/c20/dwi)


BANYUWANGI – Pembangunan dermaga tambahan di Pelabuhan ASDP Ketapang saat ini terus dikebut. Sebab, dermaga tambahan yang berada di utara itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News