Atasi Krisis Listrik di Sumut, Dahlan Sarankan PLN Bangun Boiler Baru

Atasi Krisis Listrik di Sumut, Dahlan Sarankan PLN Bangun Boiler Baru
Atasi Krisis Listrik di Sumut, Dahlan Sarankan PLN Bangun Boiler Baru

jpnn.com - JAKARTA - Untuk mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membahas dua hal dengan direksi PLN. Pembahasan pertama yakni terkait pembangkit listrik di Pangkalan Susu berkapasitas 2X200 Mw, yang sudah hampir rampung.

"Saya sudah tinjau ke sana sebelum lebaran, kemudian saya sudah menanyakan seluruh pelaksana di sana. Apakah kualitas boilernya sama dengan boiler-boiler di Sibolga. Karena saya trauma dengan boiler Sibolga. Dijawab, bahwa ini beda sekali dan bisa lebih diandalkan," ungkap Dahlan di Jakarta, Kamis (7/8).

Dengan beroperasinya pembangkit listrik di Pangkalan Susu sebesar 2X100 Mw, bisa memberikan kontribusi untuk mengatasi krisis di Sumut, hanya saja menurut perhitungan Dahlan, jumlah tersebut masih kurang.

"Ini tambahan listrik yang cukup besar dari Pangkalan Susu, tapi itu saja belum cukup, karena PLTU Sibolga yang dibangun tahun 2004-2005 berkapasitas 2X100 Mw sering sekali boilernya rusak, dan setiap rusak perlu waktu 1-2 minggu untuk dilakukan perbaikan," pintanya.

Nah karena hal itulah, dalam pembahasan kedua, mantan Dirut PLN ini meminta direksi PLN untuk membangun boiler baru, yang nantinya dapat dipergunakan sebagai antisipasi bila ada boiler yang mengalami kerusakan. Sembari memperbaiki boiler yang rusak tersebut.

"Saya minta kemarin ke direksi PLN, sudahlah dibangun saja, namanya boiler nomor 3. Nanti kalau boiler 1 rusak, boiler baru ini yang akan menyuplai uap sambil dilakukan perbaikan. Begitu saja seterusnya. Jadi Ini semacam boiler cadangan yang akan membuat pembangkit di Sibolga lebih stabil," beber dia.

Mengenai saran membangun boiler 3 tadi, dikatakan Dahlan bahwa direksi PLN sudah menyetujui dan menyanggupi untuk melakukan itu. Bahkan, agar pembangunan boiler 3 cepat tuntas, pria berkacamata ini menyarankan PLN untuk merevisi anggaran yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan boiler 3.

"Jadi andalannya dua tadi, satu Pangkalan Susu, dua bangun boiler 3 tadi dan direksi PLN sudah sepakat menyetujui ide saya itu. Kalau perlu revisi anggaran, saya akan setujui, yang penting pokoknya listrik Sumut harus beres," tandas Dahlan. (chi/jpnn)

JAKARTA - Untuk mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara (Sumut), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membahas dua hal dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News