ATR72-600 Mendarat Sempurna di Banyuwangi

ATR72-600 Mendarat Sempurna di Banyuwangi
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (atas) bersama Direktur Garuda Indonesia Erik Meijer, dan artis Maudy Kusnaedi "ferry flight" Garuda Indonesia Explore dari Jakarta menuju Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Kamis (2/1). FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI - PT Garuda Indonesia hari ini sukses mendaratkan pesawat ATR 72-600 yang berangkat dari Jakarta di Bandara Blimbingsari, Jawa Timur. Penerbangan yang ditempuh selama 2,5 jam ini berjalan dengan mulus saat mendarat.

Ini merupakan kali pertama pesawat yang didatangkan dari Perancis itu melakukan 'Ferry Flight Garuda Indonesia Explore' ke Banyuwangi. Penerbangan ini diikuti oleh Direktur Pemasaran Garuda Indonesia Erik Meijer beserta istri Maudy Koesnaidi, VP Communication Garuda Pujobroto dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Pesawat ini baru datang dari Perancis dan langsung dibawa ke Banyuwangi atas inisiatif pak bupati (Bupati Banyuwangi)," ujar Erik saat memberikan sambutan di Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (2/1).

Penerbangan ini juga menandai pengembangan rute Garuda ke Banyuwangi. Nantinya mulai bulan April Garuda siap melayani penumpang dari Surabaya menuju Banyuwangi satu kali sehari. "Rencana mulai bulan April nanti mulai akan beroperasi ke Banyuwangi," terang dia.

Garuda kata Erik melihat Banyuwangi memiliki potensi besar untuk mengembangkan perekonomian maupun pariwisata di sana. "Ada potensi pasar di sana, terlebih setelah tadi saya ngobrol dengan pak bupati di pesawat. Banyak tempat yang bagus kalau dikembangkan," papar Erik.

Di tempat yang sama, bupati yang tak pelit senyum itu mengapresiasi langkah Garuda untuk mengembangkan rute ke Banyuwangi. "Konsep Garuda Explore ini merupakan ide yang cerdas. Sebagai flight carrier, Garuda ingin membangun pusat pertumbuhan ekonomi baru. Ini melengkapi Banyuwangi. Kita juga akan memperluas landasan bandara," kata Azwar.

Terminal Bandara Blimbingsari mempunyai luas 240 meter persegi. Tahun ini akan dibangun terminal baru seluas 3.500 meter persegi. Panjang runway telah diperpanjang menjadi 1.800 meter.

Tahun ini, tingkat ketebalan landasan akan ditingkatkan dari 12 PCN (pavement classification number) menjadi 17 PCN, sehingga bisa didarati pesawat Boeing 737-200. Dengan masuknya Garuda berarti ada dua maskapai penerbangan reguler, sebelumnya ada Wings Air. (chi/jpnn)

Berita Selanjutnya:
Jalan Rusak Ditanami Pohon

BANYUWANGI - PT Garuda Indonesia hari ini sukses mendaratkan pesawat ATR 72-600 yang berangkat dari Jakarta di Bandara Blimbingsari, Jawa Timur.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News