Minggu, 26 Mei 2019 – 10:04 WIB

Aturan Baru di F1 2019, Poin Tambahan Bagi Pencetak Lap Tercepat

Selasa, 12 Maret 2019 – 20:49 WIB
Aturan Baru di F1 2019, Poin Tambahan Bagi Pencetak Lap Tercepat - JPNN.COM

jpnn.com - Penyelenggara Formula 1 mengumumkan regulasi baru mulai tahun ini akan memberi bonus untuk pembalap tercepat di setiap balapan. Regulasi baru ini akan langsung berlaku saat seri pembuka F1 2019 di Australia, akhir pekan ini.

FIA World Motor Sport Council (WMSC) telah menyetujui untuk memberlakukan aturan baru, yakni pemberian poin khusus untuk pembalap yang mencetak fastest lap (lap tercepat) saat balapan.

Format poin untuk peraih fastest lap ini sejatinya sudah pernah diusulkan sejak beberapa tahun lalu, namun baru saat ini disetujui oleh Sport Working Group dan Strategy Group.

Pemberian poin tidak otomatis diberikan bagi pencetak lap tercepat, namun dengan syarat saat balapan pembalap yang bersangkutan harus berhasil finis di posisi sepuluh besar.

Hal itu dimaksudkan agar pembalap yang sudah tidak berpeluang meraih poin finis sepuluh besar, melakukan pitstop mengganti ban di saat-saat akhir demi mengejar poin fastest lap.

Poin untuk fastest lap sebenarnya bukan hal baru di F1, karena sudah pernah diterapkan pada masa-masa awal tepatnya tahun 1950-1959. (mg8/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar