Audit Century, BPK Gunakan Sistem Lima Lapis

Audit Century, BPK Gunakan Sistem Lima Lapis
Audit Century, BPK Gunakan Sistem Lima Lapis
JAKARTA - BPK menerapkan sistem lima lapis dalam audit Bank Century. Itu sebabnya, butuh waktu lama untuk menyelesaikan pemeriksaan tersebut. Menurut Ketua BPK Anwar Nasution, BPK sangat fokus ke pemeriksaan Century, karena ini merupakan permintaan antar lembaga (KPK dan DPR).

Sampai saat ini katanya, pemeriksaan BPK baru mencapai 70 persen, sehingga belum bisa diserahkan ke KPK maupun DPR RI. "Dalam melakukan audit, BPK harus melakukan cek dan ricek, juga wawancara pada pihak-pihak yang disebut namanya dalam aliran dana Century," kata Anwar dalam press conference di Gedung BPK RI, Senin (19/10).

Ditambahkannya, angka 70 persen itu pun sudah luar biasa dan tim audit sudah efektif bekerja selama satu bulan. "Audit Century akan tetap jalan meski saya sudah saya pensiun. Tugas saya ini akan dilanjutkan anggota BPK RI Hasan Bisri," ucapnya.

Ditambahkannya, kendati nanti sudah ada Ketua BPK yang baru, laporan pemeriksaan Century tersebut belum bisa diserahkan, mengingat belum tuntasnya audit. "Kalau sudah selesai, akan kita laporkan pada Ketua BPK yang baru," tambah Hasan Bisri, anggota BPK RI periode 2009-2014. (esy/cha/JPNN)

JAKARTA - BPK menerapkan sistem lima lapis dalam audit Bank Century. Itu sebabnya, butuh waktu lama untuk menyelesaikan pemeriksaan tersebut. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News