Audit Raw Sugar Hingga Distribusi

Audit Raw Sugar Hingga Distribusi
Audit Raw Sugar Hingga Distribusi
JAKARTA - Kementerian Perdagangan bakal melakukan audit terhadap importasi raw sugar (gula mentah) sampai proses pendistribusian. Audit itu untuk memastikan gula hasil pengolahan raw sugar tidak masuk ke daerah-daerah surplus gula kristal putih, seperti Jawa Timur, Lampung, dan Gorontalo.

     

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengatakan pergerakan raw sugar akan terus dipantau. Mulai importasi, proses giling, sampai pendistribusian. Audit itu untuk menyamakan ketetapan yang sudah dibuat sebelumnya. Di antaranya, pihak yang mengimpor, proses penggilingan, sampai daerah yang menjadi tujuan distribusi.

Sesuai keputusan importasi gula sebanyak 240 ribu ton pada 2012, pihaknya menugaskan BUMN PT PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) bertindak sebagai importer. Kemudian, PPI menjual raw sugar impor itu melalui skema business to business.

"Kami tawarkan pada pabrik gula yang siap melakukan pengolahan. Jadi, kita kerjasamakan dengan pabrik gula rafinasi maupun pabrik gula swasta seperti PT IGN (Industri Gula Nusantara), Laju Perdana Indah, dan PG Gorontalo," urai Gunaryo akhir pekan lalu.

JAKARTA - Kementerian Perdagangan bakal melakukan audit terhadap importasi raw sugar (gula mentah) sampai proses pendistribusian. Audit itu untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News