Audy Joinaldy: Sumbar Masih Butuh Ribuan Dokter Umum

Audy Joinaldy: Sumbar Masih Butuh Ribuan Dokter Umum
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. (ANTARA/Dok Diskominfotik Sumbar)

jpnn.com - PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan bahwa Sumbar masih membutuhkan ribuan dokter umum.

Menurut Audy, Sumbar masih kekurangan ribuan dokter umum untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat.

"Sumbar masih butuh ribuan dokter umum agar rasio 1 dokter per seribu penduduk sesuai standar WHO bisa tercapai hingga pelayanan kesehatan bisa lebih maksimal," kata Audy Joinaldy di Padang, Sabtu (28/1) saat menghadiri pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Barat periode 2022-2025.  

Menurutnya, untuk mengatasi kekurangan dokter umum itu perlu dipertimbangkan membuka Fakultas Kedokteran yang baru di daerah tersebut, agar jumlah lulusan bertambah.

Dengan demikian, pelayanan kesehatan hingga ke daerah-daerah bisa lebih merata.

Akan tetapi, meski jumlah dokter umum masih kurang, dia mengakui peran dokter dan tenaga kesehatan yang ada saat ini sangat besar terutama saat pandemi Covid-19.

"Kita tahu peran dokter dan IDI di Sumatera Barat amat besar. Selama masa Covid-19, kawan-kawan ini berjibaku, menjadi pahlawan yang sangat membantu dalam pengobatan dan pengendalian virus tersebut sekaligus untuk vaksinasi," katanya.

Terkait pelantikan IDI Sumbar, Audy berharap IDI dan Pemerintahan Provinsi Sumbar dapat terus berkolaborasi dengan solid untuk menjawab tantangan ke depan.

Menurut Audy Joinaldy, Sumbar masih kekurangan ribuan dokter umum untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News