Aung San Suu Kyi Batalkan Pidato Publik di Australia

Aung San Suu Kyi Batalkan Pidato Publik di Australia
Aung San Suu Kyi Batalkan Pidato Publik di Australia

Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, merasa "tak enak badan" dan membatalkan kehadirannya untuk menyampaikan sebuah pidato di Sydney pada hari Selasa (20/3/2018).

Poin utama:

• Kuliah umum Institut Lowy dijadwalkan sebagai satu-satunya kemunculan publik Suu Kyi di Australia
• Suu Kyi menghadapi kritik atas penderitaan Muslim Rohingya di Myanmar
• ABC memahami Turnbull dan Suu Kyi membahas masalah itu di pertemuan Canberra

Penampilannya, yang dijamu oleh Institut Lowy, dijadwalkan sebagai satu-satunya pidato publik Suu Kyi di Australia pada KTT ASEAN.

Ia juga diharapkan untuk menerima pertanyaan dari para undangan.

Acara ini kemungkinan akan menarik protes mengenai penderitaan Muslim Rohingya di Myanmar, serupa dengan yang terlihat pada akhir pekan lalu.

Ratusan ribu warga Rohingya terdampar dalam kondisi mengenaskan di Bangladesh setelah melarikan diri dari kekerasan dan perusakan rumah mereka di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Selama tinggal di sana, Suu Kyi yang merupakan Konselor (setingkat Perdana Menteri) Negara Myanmar ini mendapat kritik publik dan pribadi yang bertubi-tubi mengenai masalah ini.

"Sore ini, Institut Lowy diberitahu oleh Kedutaan Besar Myanmar bahwa Konselor Negara tak bisa berpartisipasi dalam acara ini karena ia merasa tidak enak badan. Acara tersebut sekarang dibatalkan," sebut Institut Lowy Institute dalam sebuah pernyataan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News