Australia Berikan Bantuan Rp 250 Juta untuk Warga yang Ingin Merenovasi Rumah

Australia Berikan Bantuan Rp 250 Juta untuk Warga yang Ingin Merenovasi Rumah
PM Australia Scott Morrison mengumumkan paket bantuan senilai AUD 25 ribu atau sekitar Rp 250 juta bagi warga yang ingin merenovasi rumahnya, sebagai upaya menggerakkan ekonomi selama masa pandemi. (AAP: Mick Tsikas)

Pemerintah Australia kini menyiapkan bantuan tunai senilai $25.000 (sekitar Rp250 juta) kepada warganya yang ingin merenovasi atau membangun rumah. Tujuannya, mendorong kembali aktivitas di sektor konstruksi perumahan yang terpukul selama pandemi COVID-19.

Skema bernama HomeBuilder ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin membangun rumah baru yang nilainya tidak lebih dari $750 ribu

Sedangkan untuk renovasi rumah yang sudah ada, Anda harus mengeluarkan biaya sendiri antara $150 ribu hingga $750 ribu, sebelum mendapatkan bantuan tunai ini. Rumah yang direnovasi pun nilainya tidak boleh lebih dari 1,5 juta dolar.

Syarat lainnya yaitu penghasilan tahunan tidak boleh lebih dari $125 ribu per orang, atau $200 ribu untuk pasangan.

Pemerintahan PM Morrison mengharapkan sedikitnya 27.000 pemilik rumah atau pekerja sektor perumahan bisa mengakses skema ini.

Biro Statistik Australia (ABS) mencatat, ada sebanyak 7,7 juta tempat tinggal pribadi yang ada di Australia saat ini.

PM Morrison menyatakan, program ini bertujuan membantu lebih dari satu juta pekerja di sektor bangunan dan akan berlaku selama sembilan bulan ke depan.

Menurut data di Australia sebelum pandemi COVD-19, industri konstruksi mempekerjakan sekitar 1 orang dari 10 tenaga kerja yang ada.

Pemerintah Australia kini menyiapkan bantuan tunai senilai $25.000 (sekitar Rp250 juta) kepada warganya yang ingin merenovasi atau membangun rumah

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News