Australia Impor Sapi Lagi ke Indonesia

Australia Impor Sapi Lagi ke Indonesia
Australia Impor Sapi Lagi ke Indonesia
JAKARTA - Sapi asal Australia bakal segera masuk kembali ke Indonesia. Pihak Australia telah mencabut suspensi (penghentian sementara) ekspor sapi ke Indonesia yang mereka tetapkan awal Juni lalu. Australia mengeluarkan larangan ekspor selama enam bulan lantaran sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH) diduga melakukan penyiksaan.

Menteri Pertanian, Suswono mengatakan berdasar pengumuman di sejumlah media menyatakan pihak Australia telah mencabut suspensi atas pengiriman sapi bakalan ke Indonesia. "Walaupun belum ada surat atau pemberitahuan secara resmi, tapi dari sejumlah media sudah diumumkan bahwa Australia sudah menghentikan suspensi kemarin," kata Suswono di Jakarta, Kamis (7/7).

Mengutip sejumlah media di Australia, dibukanya lagi kran ekspor sapi hidup ke Indonesia karena nilai ekspor sapi Australia anjlok 38 persen pada tahun fiskal yang berakhir Juni 2011. Sentra peternakan sapi di Australia yaitu Adelaide, telah kehilangan pendapatan sebanyak AUD 7,3 juta akibat pelarangan ekspor sapi ini. “Peternak sapi Australia yang akan melanjutkan pengiriman sapi ke Indonesia harus mendapatkan izin ekspor terlebih dahulu," ujar Menteri Pertanian Australia Joe Ludwig.

Indonesia merupakan pasar ekspor yang besar bagi Australia, hampir 60 persen sapi Australia diekspor ke Indonesia. Menurut Meat & Livestock Australia, ekspor ke Indonesia memberi kontribusi pendapatan hingga AUD  319 juta pada 2010.

JAKARTA - Sapi asal Australia bakal segera masuk kembali ke Indonesia. Pihak Australia telah mencabut suspensi (penghentian sementara) ekspor sapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News