Kwik Anggap Ekonomi RI Sudah Total Liberal

Kwik Anggap Ekonomi RI Sudah Total Liberal
Kwik Anggap Ekonomi RI Sudah Total Liberal
JAKARTA - Mantan Kepala Bappenas Kwik Kian Gie mengatakan sistem ekonomi Indonesia yang saat ini diterapkan benar-benar liberal. Indikasinya, kata Kwik, tidak ada lagi kategori sesuatu barang milik publik karena sudah beralih menjadi milik orang perorangan dengan cara mendapatkan legalitas dari penguasa.

"Penyelenggaraan ekonomi Indonesia telah berwujud liberal total. Kekayaan yang ada di bumi Indonesia sebagai anugerah Tuhan dimiliki oleh segilintir orang saja," kata Kwik, dalam seminar "Revitalisasi Pancasila di Era Globalisasi" di gedung Nusantara IV, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (7/7).

Sistem liberal dalam bidang ekonomi ini, lanjutnya, sudah dimulai sejak 1967 atau di awal Orde Baru berkuasa. Saat itu, di bawah pimpinan ekonom Widjojo Nitisastro, mulai disusun UU Penanaman Modal Asing.

"Kala itu, Duta Besar Amerika di Indonesia sampai ikut terlibat mencoret beberapa pasal yang tidak akan menguntungkan Amerika. Sistem liberal sejak Orde Baru itu diteruskan hingga pemerintahan SBY dan Boediono. Dan sejarah mencatat salah satu penerus sistem ekonomi Liberal di Indonesia adalah Boediono," pungkas Kwik. (fas/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Kredit BUMN Rp 32 Triliun

JAKARTA - Mantan Kepala Bappenas Kwik Kian Gie mengatakan sistem ekonomi Indonesia yang saat ini diterapkan benar-benar liberal. Indikasinya, kata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News