Australia Khawatir dengan Kebebasan Abu Bakar Ba’asyir, Begini Kalimatnya

Australia Khawatir dengan Kebebasan Abu Bakar Ba’asyir, Begini Kalimatnya
Abu Bakar Ba'asyir saat menjalani pemeriksaan rutin di RS Cipto Mangunkusumo (Antaranews) (Antaranews/)

jpnn.com, CANBERRA - Pemerintah Australia melalui Menteri Luar Negeri Marise Payne menyampaikan harapan agar Pemerintah Indonesia dapat memastikan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir bukan lagi ancaman setelah dinyatakan bebas murni.

Diketahui, Abu Bakar Ba'asyir akan menghirup udara bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur, Bogor pada Jumat (8/1) mendatang.

Ba’asyir merupakan ulama yang diyakini punya paham radikal dan diduga menjadi dalang aksi teror bom di Bali pada 2002.

"Australia berharap Ba’asyir tidak lagi akan memancing lebih banyak aksi teror saat dia bebas," kata Payne dilansir dari Reuters, Selasa (5/1).

Abu Bakar Ba’asyir dipenjara sejak 2011 karena keterkaitannya dengan tempat pelatihan yang mengajarkan paham radikal di Provinsi Aceh.

Bagi pengikutnya, Ba’asyir dianggap sebagai pemimpin spiritual jaringan Jemaah Islamiyah (JI), organisasi yang diyakini terhubung dengan al-Qaeda.

Selain itu, Jemaah Islamiah diyakini bertanggung jawab atas serangan bom di beberapa tempat hiburan di Bali.
Dalam pernyataannya, Payne juga mengemukakan telah menyampaikan kekhawatiran negaranya atas kebebasan Ba'asyir kepada pemerintah Indonesia.

“Kedutaan kami di Jakarta telah menyampaikan dengan jelas kekhawatiran ini bahwa ada orang-orang semacam itu harus dicegah untuk memancing adanya aksi teror di masa depan yang mengorbankan warga sipil tidak bersalah," demikian disampaikan Payne melalui pernyataan tertulisnya.

Abu Bakar Ba'asyir akan menghirup udara bebas dari Lapas Gunung Sindur, Bogor pada Jumat (8/1) mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News