JPNN.com

Australia Tegaskan Tak Mendukung Separatisme di Indonesia

Kamis, 14 November 2019 – 08:36 WIB Australia Tegaskan Tak Mendukung Separatisme di Indonesia - JPNN.com
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan. Foto: ANTARA/Aria Cindyara

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Australia berkomitmen mendukung penuh kedaulatan Indonesia. Tidak ada elemen politik di Negeri Kangguru tersebut yang mendukung gerakan separatisme di Indonesia.

Hal itu disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan di Jakarta, Rabu (13/11).

“Tentu saja Australia mendukung kedaulatan dan integritas teritori Indonesia di seluruh nusantara. Ini adalah komitmen yang serius,” kata Quinlan.

Komitmen Australia terhadap kesatuan teritori Indonesia menjadi pertanyaan setelah sejumlah anggota parlemen negeri itu bertemu dengan Veronica Koman beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Veronica adalah aktivis yang kerap mendukung kelompok separatis di Papua. Dia kini tengah diburu Polda Jawa Timur atas tuduhan menyebarkan berita palsu.

Quinlan mengatakan, sebagai negara demokrasi, Australia memiliki parlemen berisi politikus dengan pemikiran yang beragam. Namun, dia memastikan semua partai politik besar di bekas koloni Inggris itu mendukung kedaulatan Indonesia.

“Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison di Bangkok untuk KTT Asia Timur pekan lalu juga menunjukkan bahwa Australia memberikan dukungan besar bagi integritas teritori Indonesia. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...