Australia Terpilih Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Australia Terpilih Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032
Ilustrasi Cincin Olimpiade. Foto: ISSEI KATO REUTERS

jpnn.com, JAKARTA - Komite Olimpiade Internasional (IOC) menetapkan kota Brisbane menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Brisbane yang sebagai calon tunggal masih terpilih sebagai pemungut suara terbanyak sebagai Future Host Commission yang dilakukan anggota IOC di Tokyo, Rabu (21/7) WIB.

Dengan hasil tersrbut berarti Indonesia yang juga mencalonkan sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2032 gagal mendapatkan status preferred host seperti yang diraih Brisbane sejak Februari lalu.

Dalam proses bidding tuan rumah Olimpiade baru yang diterapkan IOC sejak 2019, ada beberapa langkah yang harus dilalui calon tuan rumah dalam dialog bersama Future Host Commission IOC.

Terpilihnya Australia menjadi tuan rumah olimpiade mendapat sambutan hangat dari perdana menteri Australia Scott Morrison.

"Ini adalah hari bersejarah tidak hanya untuk Brisbane dan Queensland, tetapi untuk seluruh negara. Hanya kota-kota global yang dapat mengamankan Olimpiade, jadi ini adalah pengakuan yang tepat untuk posisi Brisbane di seluruh kawasan kami dan dunia," ujar Scott Morrison.

Ketua Olimpiade Australia John Coates menyebut akan berbenah untuk menyambut acara pesta olahraga terbesar di seluruh dunia itu.

"Olimpiade di Brisbane akan berada di tangan (enyelenggara, red) yang paling rajin, bersyukur, dan antusias. Saya membuat komitmen ini untuk para atlet dunia, kami akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan," John Coates.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menetapkan kota Brisbane menjadi tuan rumah Olimpiade 2032

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News