Avtur Turun, Jamaah Haji Terima Kompensasi

Avtur Turun, Jamaah Haji Terima Kompensasi
Avtur Turun, Jamaah Haji Terima Kompensasi
JAKARTA – Kabar gembira bagi jamaah haji Indonesia. Pemerintah berencana mengembalikan uang kelebihan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) alias ONH kepada para jamaah terkait dengan turunnya harga bahan bakar pesawat (avtur).

Menteri BUMN Sofyan Djalil menyatakan telah meminta agar manajemen PT Garuda Indonesia selaku maskapai penyedia jasa penerbangan haji menghitung kelebihan dana BPIH akibat penurunan harga avtur. ’’Kelebihan setoran BPIH itulah yang nanti dikembalikan ke jamaah haji,’’ ujarnya saat raker dengan Komisi VI DPR, Selasa (2/12) malam.

Menurut dia, Garuda perlu menghitung dulu realisasi belanja avtur untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah. Hitungan itu dibutuhkan untuk mengetahui berapa besar margin yang didapatkan Garuda dari dana yang sudah disetorkan para jamaah. ’’Hitungan pastinya baru diketahui setelah nanti seluruh jamaah pulang,’’ katanya.

Sofyan menuturkan, sebagai maskapai pelat merah, Kementerian BUMN selaku pemegang saham maupun PT Garuda merasa tidak enak jika mengambil terlalu banyak keuntungan dari jamaah. ’’Kalau kelebihan BPIH itu dikembalikan, mudah-mudahan rezeki yang diterima Garuda bisa berkah, sehingga bisa makin sukses karena didoakan para jamaah,’’ tuturnya.

JAKARTA – Kabar gembira bagi jamaah haji Indonesia. Pemerintah berencana mengembalikan uang kelebihan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News