Awak Kapal Gagalkan Aksi Bajak Laut Somalia

Awak Kapal Gagalkan Aksi Bajak Laut Somalia
Awak Kapal Gagalkan Aksi Bajak Laut Somalia
KUALA LUMPUR - Aksi perompak Somalia yang hampir saja merenggut kapal kargo Tiongkok, Zhenhua 4, bisa digagalkan kemarin (17/12). Sekitar 30 awak kapal berusaha keras menghadang komplotan bajak laut di luar ruang akomodasi kru.

Ketika ABK melawan perompak, nakhoda kapal mencari bantuan via radio dan satelit. Hanya, tak disebutkan bagaimana bentuk perlawanan awak kapal terhadap kawanan penjahat samudera yang terkenal bersenjata lengkap dan canggih itu. Para perompak disebutkan berjumlah sembilan orang dan menggunakan speedboat.

''Saya kaget para kru berhasil memukul mundur para perompak. Saya tak tahu bagaimana mereka melakukannya, tapi mereka bisa,'' kata Noel Choong, kepala pusat informasi Biro Maritim Internasional (IMB) di Kuala Lumpur, kepada Agence France-Presse.

Panggilan tanda bahaya dari kru Zhenhua 4 ditangkap radar IMB setempat. Laporan itu diteruskan kepada pasukan koalisi kapal perang multinasional yang berpatroli di sekitar perairan rawan Teluk Aden. Begitu mendapat titik koordinat posisi Zhenhua 4 dari IMB, kapal-kapal perang yang dilengkapi helikopter keamanan segera melaju ke lokasi.

KUALA LUMPUR - Aksi perompak Somalia yang hampir saja merenggut kapal kargo Tiongkok, Zhenhua 4, bisa digagalkan kemarin (17/12). Sekitar 30 awak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News