Awali Greater Jakarta Lewat Angkutan KA

Awali Greater Jakarta Lewat Angkutan KA
Awali Greater Jakarta Lewat Angkutan KA
RENCANA perluasan kawasan ibukota hingga ke Sukabumi, Karawang, Purwakarta dan Cirebon sebagai babak awal target pemerintah pusat untuk menyatukan sepanjang pulau Jawa menjadi pusat kawasan industri, perdagangan dan jasa. Upaya untuk memecah beban ibukota melalui Greater Jakarta itu ditengarai hanya sebagai pintu gerbang.

Selain menyatukan seluruh pulau Jawa, akses menuju pulau Sumatera juga akan dibuka dengan dibangunnya jembatan Jawa-Sumatera. Selanjutnya, sepanjang Sumatera akan ditembuskan hingga Singapura.      

“Gagasan besarnya seperti itu. DKI sangat menyambut baik jika pengintegrasian itu bisa dilakukan. Mengingat beban DKI sebagai ibukota juga bisa dibagi dengan daerah lain, akses menjadi terbuka, pertumbuhan ekonomi juga bakal melonjak,” ujar Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Ahmad Haryadi.   

Menurut dia, skema besar pembangunan menyeluruh itu sudah dikoordinasikan di tingkat pusat. Meskipun belum sampai pada tahap detail teknis. Integrasi tersebut nantinya akan dilakukan dengan angkutan massal kereta api. Warga Jakarta yang akan ke Sumatera atau bahkan ke Singapura cukup menggunakan angkutan massal.

RENCANA perluasan kawasan ibukota hingga ke Sukabumi, Karawang, Purwakarta dan Cirebon sebagai babak awal target pemerintah pusat untuk menyatukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News